September 27, 2022

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Love, Truth and Tolerance

QURAN DAN SAINS: Astronomi dan Quran

6 min read

QURAN DAN SAINS: Astronomi dan Quran

Setiap kali menjelaskan rincian Al-Qur’an tentang poin-poin tertentu dari astronomi, adalah umum bagi seseorang untuk menjawab bahwa tidak ada yang aneh dalam hal ini karena orang-orang Arab membuat penemuan penting di bidang astronomi jauh sebelum orang Eropa. Tapi, ini adalah ide keliru yang dihasilkan dari ketidaktahuan akan sejarah. Pertama-tama, ilmu pengetahuan berkembang di Dunia Arab pada waktu yang cukup lama setelah turunnya wahyu Al-Qur’an. Kedua, pengetahuan ilmiah yang lazim pada puncak peradaban Islam akan membuat mustahil bagi manusia mana pun untuk memiliki pernyataan tertulis di langit yang sebanding dengan yang ada di dalam Al-Qur’an. Materi tentang hal ini sangat luas sehingga hanya dapat memberikan garis besar singkatnya di sini.

Matahari dan Bulan.

  • Sementara Alkitab berbicara tentang matahari dan bulan sebagai dua cahaya yang hanya berbeda ukurannya, Al-Qur’an membedakan keduanya dengan menggunakan istilah yang berbeda: cahaya (noor) untuk bulan, dan lampu (siraaj) untuk matahari.
  • “Apakah kamu melihat bagaimana Allah menciptakan tujuh langit, satu di atas yang lain, dan menjadikan di dalamnya bulan sebagai cahaya dan matahari sebagai pelita?” Qur’an, 78:12-13
  • Bulan adalah benda inert yang memantulkan cahaya, sedangkan matahari adalah benda angkasa dalam keadaan pembakaran permanen yang menghasilkan cahaya dan panas.

Bintang dan Planet

  • Kata ‘bintang’ (najm) dalam Al Qur’an ( 86:3 ) disertai dengan kata sifat thaaqib yang menunjukkan bahwa ia membakar dan menghabiskan dirinya sendiri saat menembus bayang-bayang malam. Belakangan baru diketahui bahwa bintang adalah benda langit yang menghasilkan cahayanya sendiri seperti matahari.
  • Dalam Al-Qur’an, kata yang berbeda, kawkab, digunakan untuk merujuk pada planet-planet yang merupakan benda langit yang memantulkan cahaya dan tidak menghasilkan cahayanya sendiri seperti matahari.
  • “Kami telah menghiasi langit yang paling bawah dengan perhiasan, planet-planet.” Qur’an, 37:6

Orbit

  • Saat ini, hukum yang mengatur sistem langit sudah dikenal luas. Galaksi diseimbangkan oleh posisi bintang dan planet dalam orbit yang terdefinisi dengan baik, serta interaksi gaya gravitasi yang dihasilkan oleh massa dan kecepatan pergerakannya. Tetapi bukankah ini yang dijelaskan Al-Qur’an dalam istilah-istilah yang hanya dapat dipahami di zaman modern. Dalam bab al-Ambiyaa kita menemukan:
  • “(Tuhan) yang menciptakan malam, siang, matahari dan bulan. Masing-masing bergerak dalam orbit dengan gerakannya sendiri.” Alquran, 21:33
  • Kata Arab yang mengungkapkan gerakan ini adalah kata kerja yasbahoon yang mengandung pengertian gerak yang dihasilkan oleh suatu badan yang bergerak, baik itu gerakan kaki yang berlari di tanah, maupun gerakan berenang di air. Dalam kasus benda angkasa, seseorang dipaksa untuk menerjemahkannya, menurut makna aslinya, sebagai ‘bepergian dengan gerakannya sendiri.’ Dalam buku saya, The Bible, The Qur’an and Science, saya telah memberikan penjelasan yang tepat. data ilmiah yang sesuai dengan gerakan benda langit. Mereka terkenal karena bulannya, tetapi kurang dikenal karena mataharinya.
BACA SELENGKAPNYA :  Quran, Bible dan Sains

Siang dan Malam

  • Deskripsi Al-Qur’an tentang urutan siang dan malam akan, dengan sendirinya, menjadi agak biasa jika bukan karena fakta bahwa hal itu diungkapkan dalam istilah yang saat ini sangat tepat. Al-Qur’an menggunakan kata kerja kawwara dalam surah az -Zumar untuk menggambarkan cara malam ‘berangin’ atau ‘menggulung’ itu sendiri di sekitar hari dan siang di sekitar malam.
  • “Dia melingkarkan malam di atas siang dan siang di atas malam.” Alquran, 39:5
  • Arti asli dari kata kerja kis melilitkan sorban di sekitar kepala. Ini adalah perbandingan yang benar-benar valid; namun pada saat Al-Qur’an diturunkan, data astronomis yang diperlukan untuk membuat perbandingan ini tidak diketahui. Baru setelah manusia mendarat di bulan dan mengamati bumi berputar pada porosnya, barulah separuh gelap bola dunia tampak berputar sendiri di sekitar terang dan separuh terang tampak berputar sendiri di sekitar gelap.

Puncak Matahari

  • Gagasan tempat menetap untuk matahari dijelaskan dengan jelas dalam bab Yaa Dilihat dari Al Qur’an:
  • QS. Yasin Ayat 38  وَالشَّمْسُ تَجْرِيْ لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا ۗذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِۗ 38. dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui.
  • “Tempat menetap” adalah terjemahan dari kata mustaqarr yang menunjukkan tempat dan waktu yang ditentukan dengan tepat. Astronomi modern menegaskan bahwa tata surya memang bergerak di ruang angkasa dengan kecepatan 12 mil per detik menuju titik yang terletak di konstelasi Hercules (alpha lyrae) yang lokasi pastinya telah dihitung secara tepat. Para astronom bahkan memberinya nama, puncak matahari.

Perluasan Alam Semesta

  • Surat Ath-Thaariyaat dari Al-Qur’an juga tampaknya menyinggung salah satu penemuan yang paling mengesankan dari ilmu pengetahuan modern, perluasan Alam Semesta.
  • Az-Zariyat: 48-47. وَالسَّمَاۤءَ بَنَيْنٰهَا بِاَيْىدٍ وَّاِنَّا لَمُوْسِعُوْنَ. Dan langit Kami bangun dengan kekuasaan (Kami), dan Kami benar-benar meluaskannya.
    Tidak hanya berkuasa mengazab umat yang durhaka dan ingkar pada ajaran nabi, Allah juga kuasa menciptakan langit dan alam semesta. Dan langit yang terhampar luas di atas kepalamu itu Kami bangun dengan kekuasaan Kami Yang Mahadahsyat dan Mahasempurna, dan Kami benar-benar memiliki kekuasaan yang tidak terbatas sehingga tidak ada yang dapat menghalangi
  • Perluasan alam semesta pertama kali disarankan oleh teori relativitas umum dan didukung oleh perhitungan astrofisika. Pergerakan teratur cahaya galaksi menuju bagian merah spektrum dijelaskan oleh jarak satu galaksi ke depan
  • m lain. Dengan demikian, ukuran alam semesta tampaknya semakin meningkat.
BACA SELENGKAPNYA :  Indeks Quran Digital : Muhjizat Quran dan Muhjizat Ilmu Pengetahuan

Penaklukan Luar Angkasa

Di antara pencapaian ilmu pengetahuan modern adalah “penaklukan” ruang angkasa yang mengakibatkan perjalanan manusia ke bulan. Ramalan peristiwa ini pasti muncul di benak kita ketika kita membaca surat ar-Rahmaan dalam Al-Qur’an:

  • Artinya: “Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah).” (QS. Ar-Rahman: 33).
  • Kewenangan untuk melakukan perjalanan di ruang angkasa hanya dapat berasal dari Pencipta hukum yang mengatur pergerakan dan ruang. Keseluruhan surah Al-Qur’an ini mengajak umat manusia untuk menyadari kemurahan Tuhan.

Материалы по теме:

Doa Dalam Al Quran: Doa Agar Diberi Bangunan Indah di Surga
  Doa Dalam Al Quran: Doa Agar Diberi Bangunan Indah di Surga رَبِّ ٱبْنِ لِى عِندَكَ بَيْتًا فِى ٱلْجَنَّةِ وَنَجِّنِى مِن فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِۦ وَنَجِّنِى مِنَ ٱلْقَوْمِ ...
Yohanes 13:13 Untuk Mengklaim Yesus Tuhan, Ternyata Sudah Berubah Beberapa Kali
Dr Zakir Naik dalam setiap ceramahnya selalu mengatakan bahwa dirinya siap untuk memeluk agama kristen saat itu juga jika memang ada yang bisa menunjukkan ...
Jundallah, Para Malaikat perang Membantu Rasulullah di Dalam Peperangan.
Jundallah  adalah para malaikat perang yang membantu Nabi Muhammad dan pasukannya di dalam peperangan. Secara makna Jundallah memiliki arti "Prajurit Allah", berasal dari kata ...
Doa Mustajab Dari Al Quran
  رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
BACA SELENGKAPNYA :  Ayat Quran dan Ajaran Islam Yang Diselewengkan Oknum Kristenisasi
رَبِّ هَبْ لِي حُكْماً وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ. وَاجْعَل لِّي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِينَ. وَاجْعَلْنِي مِن ...
​Quran Menunjukkan Dingin Didalam Panasnya Neraka 
​Quran Menunjukkan, Dingin Didalam Panasnya Neraka  Al Qur’an Membicarakan Tentang Dinginnya Neraka Surat An Naba’, Allah Ta’ala berfirman, ﻟَﺎ ﻳَﺬُﻭﻗُﻮﻥَ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺑَﺮْﺩًﺍ ﻭَﻟَﺎ ﺷَﺮَﺍﺑًﺎ ‏( 24 ‏) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.