September 27, 2022

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Love, Truth and Tolerance

Kebenaran dan Otentisitas teks Al-Qur’an Berdasarkan Sains

5 min read

Kebenaran dan Otentisitas teks Al-Qur’an Berdasarkan Sains

Diketahui bahwa teks Al-Qur’an dibacakan dari ingatan, pada saat diturunkan, oleh Nabi dan orang-orang beriman yang mengelilinginya, dan ditulis oleh ahli-ahli Taurat yang ditunjuk di antara para pengikutnya. Proses ini berlangsung selama kira-kira dua puluh tiga tahun di mana banyak salinan tidak resmi dibuat. Salinan resmi dibuat dalam waktu satu tahun setelah kematian Nabi atas instruksi Khalifah Abu Bakar.

Di sini kita harus mencatat poin yang sangat penting. Teks Al-Qur’an saat ini mendapat manfaat dalam persiapan aslinya dari keuntungan memiliki keasliannya diperiksa silang oleh teks yang dibacakan dari memori serta teks-teks tertulis tidak resmi. Teks yang dihafal sangat penting pada saat tidak semua orang bisa membaca dan menulis, tetapi semua orang bisa menghafal. Apalagi kebutuhan akan catatan tertulis sudah termasuk dalam teks al-Qur’an itu sendiri. Lima ayat pertama surat al-‘Alaq, yang merupakan wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi (S), mengungkapkan hal ini dengan cukup jelas:
Baca: Dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Yang menciptakan manusia dari entitas yang melekat. Membaca! Tuhanmu yang paling mulia, yang diajar dengan pena. Yang mengajari manusia apa yang tidak diketahuinya.” Qur’an, 96:1-5
Ini pasti kata-kata dalam “pujian pena sebagai sarana pengetahuan manusia”, menggunakan ungkapan Profesor Hamidullah.

Kemudian datanglah Kekhalifahan ‘Utsman (yang berlangsung dari tahun kedua belas hingga dua puluh empat setelah kematian Muhammad). Dalam dua tahun pertama pemerintahan Khalifah Utsman, tujuh salinan resmi direproduksi dari teks resmi dan didistribusikan ke seluruh wilayah yang luas di dunia yang telah berada di bawah kekuasaan Islam. Semua salinan tidak resmi yang ada pada waktu itu dihancurkan dan semua salinan yang akan datang dibuat dari tujuh salinan resmi.

Dalam buku , The Bible, the Qur’an and Science, telah dikutip ayat-ayat dari Al-Qur’an yang berasal dari periode sebelum Hijrah (emigrasi Nabi dari Mekah ke Madinah pada tahun 622) dan yang menyinggung tentang penulisan Al-Qur’an sebelum keberangkatan Nabi dari Mekah.

Terlebih lagi, ada banyak saksi untuk transkripsi langsung dari wahyu Al-Qur’an. Profesor Jacques Berque telah memberi tahu saya tentang pentingnya dia mengaitkannya dengan kesenjangan panjang yang memisahkan penulisan wahyu Kristen Yudeo dari fakta dan peristiwa yang terkait. Jangan sampai kita lupa
bahwa hari ini kita juga memiliki sejumlah manuskrip Al-Qur’an versi tertulis pertama yang berasal dari periode waktu yang sangat dekat dengan waktu turunnya wahyu.

BACA SELENGKAPNYA :  Persebaran 4 Mazhab Dalam Islam Di Dunia

Terdapat  fakta lain yang sangat penting. Kita akan memeriksa pernyataan-pernyataan dalam Al-Qur’an yang hari ini tampaknya hanya mencatat kebenaran ilmiah, tetapi di mana manusia di masa lalu hanya mampu memahami makna yang tampak. Dalam beberapa kasus, pernyataan ini benar-benar tidak dapat dipahami. Mustahil untuk membayangkan bahwa, jika ada perubahan pada teks-teks, bagian-bagian yang tidak jelas yang tersebar di seluruh teks Al-Qur’an ini, semuanya dapat lolos dari manipulasi manusia. Perubahan sekecil apa pun pada teks akan secara otomatis menghancurkan koherensi luar biasa yang menjadi ciri khas mereka. Perubahan dalam teks apa pun akan menghalangi kita untuk menetapkan kesesuaian totalnya dengan pengetahuan modern. Kehadiran pernyataan-pernyataan ini tersebar di seluruh Al-Qur’an terlihat (bagi pengamat yang tidak memihak) seperti ciri yang jelas dari keasliannya.

Al-Qur’an adalah wahyu yang diwahyukan kepada manusia selama dua puluh tiga tahun. Itu membentang dua periode dengan panjang yang hampir sama di kedua sisi Hijrah. Mengingat hal ini, wajar jika refleksi yang memiliki aspek ilmiah tersebar di seluruh Kitab. Dalam sebuah penelitian, seperti yang telah kami buat, kami harus mengelompokkan kembali ayat-ayat menurut materi pelajaran, mengumpulkannya bab demi bab.

Bagaimana mereka harus diklasifikasikan? Para ulama tidak dapat menemukan indikasi dalam Al-Qur’an yang menyarankan klasifikasi tertentu, jadi saya memutuskan untuk menyajikannya menurut klasifikasi pribadi saya sendiri.

  • Tampaknya bagi, bahwa subjek pertama yang harus ditangani adalah Penciptaan. Di sini dimungkinkan untuk membandingkan ayat-ayat yang mengacu pada topik ini dengan gagasan umum yang lazim saat ini tentang pembentukan Alam Semesta.
  • Selanjutnya, dibagi ayat-ayat di bawah judul umum berikut: Astronomi, Bumi, Kerajaan Hewan dan Tumbuhan, Manusia, dan Reproduksi Manusia pada khususnya.
  • Hal ini akan berguna untuk membuat perbandingan antara riwayat-riwayat Al-Qur’an dan Kitab Suci tentang topik yang sama dari sudut pandang pengetahuan modern. Ini telah dilakukan dalam kasus Penciptaan, Air Bah dan Keluaran. Alasan pemilihan topik ini adalah karena pengetahuan yang diperoleh saat ini dapat digunakan dalam interpretasi teks.
BACA SELENGKAPNYA :  Astagfirullah, PT Suara Agung Cetak Al Quran Tanpa Al Maidah 51-57

DAFTAR INDEKS HADITS, klik di bawah ini

§  AGAMA ISLAM §  AKAL MANUSIA
§  AL QURAN §  ADZAN SEBELUM SHALAT
§  DAJAL §  UMPATAN, CACI MAKI DAN GHIBAH
§  BALA’ §  SIFAT BURUK IRI DAN DENGKI
§  AZAB ALLAH §  DZIKIR KEPADA ALLAH
§  AMPUNAN ALLAH §  HAL YANG DIBENCI DAN DIMURKAI ALLAH
§  AMAL MANUSIA §  HAL YANG DISAYANGI, DICINTAI DAN DISUKAI ALLAH

 

Материалы по теме:

Doa Dalam Al Quran: Doa Mohon Tempat yang Baik
  Kumpulan Doa Dalam Al Quran: Doa Mohon Tempat yang Baik رَّبِّ أَدْخِلْنِى مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِى مُخْرَجَ صِدْقٍ وَٱجْعَل لِّى مِن لَّدُنكَ سُلْطَٰنًا نَّصِيرًا Rabbi adkhilnii mudkhala ...
Kumpulan Doa Dalam Al Quran: Doa Mohon Dihapuskan Kesalahan dan Diwafatkan Bersama Orang yang Berbakti
  Kumpulan Doa Dalam Al Quran: Doa Mohon Dihapuskan Kesalahan dan Diwafatkan Bersama Orang yang Berbakti رَّبَّنَآ إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِى لِلْإِيمَٰنِ أَنْ ءَامِنُوا۟ بِرَبِّكُمْ فَـَٔامَنَّا ...
Quran, Bible dan Sains
ALKITAB, AL-QURAN DAN ILMU Sekarang kita telah sampai pada topik terakhir yang ingin saya sampaikan dalam pamflet singkat ini: perbandingan antara pengetahuan modern dan ayat-ayat ...
Kumpulan Doa Dalam Al Quran: Doa Mohon Karunia Rahmat dan Petunjuk
Kumpulan Doa Dalam Al Quran: Doa Mohon Karunia Rahmat dan Petunjuk رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا Rabbanaa aatinaa min ladunka rahmatan ...
Perbedaan Salat Para Ulama 4 mazhab
Semua orang Islam sepakat bahwa orang yang menentang kewajiban shalat wajib lima waktu atau meragukannya, ia bukan termasuk orang Islam, sekalipun ia mengucapkan syahadat, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.