September 27, 2022

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Love, Truth and Tolerance

Kristenisasi Langgar Keputusan Bersama Menag dan Mendagri

4 min read

 

Kristenisasi Langgar Keputusan Bersama Menag dan Mendagri

Munculnya berbagai video tentang Kristenisasi di perbagai temoat dengan menyebarkan agama berupa pesan, brosur dan buku pada umat beragama lain harus segera diakhiri karena menimbulkan ketegangan antara umat beragama dan ternyata halmitu sudah diatur dalam peraturan menteri tentang tata cara dalam menyebarkan agama. 

Kristenisasi atau pengkristenan adalah proses, cara, perbuatan untuk mengkristenkan seseorang atau segenap masyarakat sekaligus. Hal ini juga mencakup praktik mengubah praktik agama asli dan budaya, citra agama asal, situs dan kalender asli untuk menggunakan Kristen, karena upaya penyebaran agama Kristen (penginjilan) diyakini berdasarkan tradisi dari “Amanat Agung” yang disepakati oleh para uskup. Penginjilan juga dilakukan oleh para rasul itu sendiri.

Ternyata, mengajak seseorang untuk memeluk agama baru, padahal orang itu sudah memiliki agama merupakan perbuatan yang melanggar aturan. Hal itu mengacu pada Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 1979 tentang Tata cara Pelaksanaan Penyiaran Agama dan Bantuan Luar Negeri kepada Lembaga Keagamaan di Indonesia.

Dalam Bab III tentang Tata Cara Pelaksanaan Penyiaran Agama, Pasal 3 berbunyi, ” Pelaksanaan penyiaran agama dilakukan dengan semangat kerukunan, tenggang rasa, saling menghargai dan saling menghormati antara sesama umat beragama serta dengan dilandaskan pada penghormatan terhadap hak dan kemerdekaan seseorang untuk memeluk/menganut dengan melakukan ibadat menurut agamanya.”

Sementara itu, Pasal 4 berisi, “Pelaksanaan penyiaran agama tidak dibenarkan untuk ditujukan terhadap orang atau kelompok orang yang telah memeluk/menganut agama lain dengan cara:

  1. Menggunakan bujukan dengan atau tanpa pemberian barang, uang, pakaian, makanan dan atau minuman, pengobatan, obat-obatan dan bentuk-bentuk pemberian apapun lainnya agar orang atau kelompok orang yang telah memeluk/menganut agama yang lain berpindah dan memeluk/menganut agama yang disiarkan tersebut.”
  2. Menyebarkan pamflet, majalah, bulletin, buku-buku, dan bentuk-bentuk barang penerbitan cetakan lainnya kepada orang atau kelompok orang yang telah memeluk/menganut agama yang lain. c. Melakukan kunjungan dan rumah ke rumah umat yang telah memeluk/menganut agama yang lain.”
BACA SELENGKAPNYA :  Benarkah Kristenisasi Tidak Ada ? Faktanya Label Islam dan Quran Digunakan Alat Kristenisasi

Keputusan itu mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. “Ditetapkan di: Jakarta. Pada tanggal: 2 Januari 1979. Menteri Dalam Negeri H. Amir Mahmud dan Menteri Agama H. Alamsjah Ratu Perwira.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.