September 27, 2022

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Love, Truth and Tolerance

Nasab atau Silsilah Lengkap Nabi Muhammad SAW Hingga Nabi Adam

8 min read

Nasab atau Silsilah Lengkap Nabi Muhammad SAW Hingga Nabi Adam

Nasab atau silsilah Nabi Muhammad SAW hingga Nabi Adam AS, maka kita dapat mengetahui bahwa terdapat tujuh nabi dalam silsilah tersebut. Itu menandakan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah manusia terpilih dan bukan dari keturunan sembarang orang.

Muhammad adalah seorang nabi dan rasul terakhir bagi umat Muslim. Muhammad memulai penyebaran ajaran Islam untuk seluruh umat manusia dan mewariskan pemerintahan tunggal Islam. Muhammad sama-sama menegakkan ajaran tauhid untuk mengesakan Allah sebagaimana yang dibawa nabi dan rasul sebelumnya

Muhammad adalah bentuk isim maf‘ul (kata sifat pelaku pasif) dari kata حمَّد “banyak memuji”, yang merupakan bentuk penegasan dari akar kata tiga hurufnya ح-م-د ḥ-m-d yang lawan katanya adalah ذم “mencela”, sehingga muhammad berarti “yang banyak dipuji”. Selain itu, dalam salah satu ayat Al-Qur’an, Muhammad dipanggil dengan nama “Ahmad” (أحمد), yang dalam bahasa Arab juga berarti “terpuji”. Sebelum masa kenabian, Muhammad mendapatkan dua gelar dari suku Quraisy (suku terbesar di Mekkah yang juga suku dari Muhammad) yaitu Al-Amiin yang artinya “orang yang dapat dipercaya” dan As-Saadiq yang artinya “yang benar”. Setelah masa kenabian para sahabatnya memanggilnya dengan gelar Rasul Allāh (رسول الله), kemudian menambahkan kalimat Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam (صلى الله عليه و سلم, yang berarti “semoga Allah memberi kebahagiaan dan keselamatan kepadanya”; sering disingkat “S.A.W” atau “SAW”) setelah namanya. Muhammad juga mendapatkan julukan Abu al-Qasim yang berarti “bapak Qasim”, karena Muhammad pernah memiliki anak lelaki yang bernama Qasim, tetapi ia meninggal dunia sebelum mencapai usia dewasa.

Silsilah Nabi Muhammad SAW sampai Nabi Adam A.S Lengkap

Nasab atau Silsilah Nabi Muhammad SAW

Silsilah Muhammad dari kedua orang tuanya kembali ke Kilab bin Murrah bin Ka’b bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihr (Quraish) bin Malik bin an-Nadr (Qais) bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah (Amir) bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma`ad bin Adnan. Silsilah sampai Adnan disepakati oleh para ulama, sedangkan setelah Adnan terjadi perbedaan pendapat. Adnan secara umum diyakini adalah keturunan dari Ismail bin Ibrahim, yang selanjutnya adalah keturunan Sam bin Nuh.

Walaupun demikian, terdapat sejarawan yang menyusun silsilah yang lebih jauh lagi. Muhammad bin Ishaq bin Yasar al-Madani, di salah satu riwayatnya menyebutkan silsilah hingga Adam. Silsilah tersebut adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutthalib bin Hasyim bin Abdul Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr (Quraisy) bin Malik bin Nadhr bin Kinanah bin Khuzayma bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan bin Udad bin al-Muqawwam bin Nahur bin Tayrah bin Ya’rub bin Yasyjub bin Nabit bin Ismail bin Ibrahim bin Tarih (Azar) bin Nahur bin Saru’ bin Ra’u bin Falikh bin Aybir bin Syalikh bin Arfakhsyad bin Sam bin Nuh bin Lamikh bin Mutusyalikh bin Akhnukh bin Yarda bin Mahlil bin Qinan bin Yanish bin Syits bin Adam.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah ulasan mengenai 3 nasab atau silsilah Nabi Muhammad SAW:

  1. Nasab atau silsilah yang pertama, adalah dari Nabi Muhammad SAW hingga Adnan. Adapun urutannya adalah sebagai berikut:Muhammad SAW bin Abdullah bin Abdul Muthallib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Nadr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Nabi Ilyas AS bin Mudlar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan.
  2. Nasab kedua, yaitu dari Adnan hingga Nabi Ibrahim AS. Ada pun urutannya adalah sebagai berikut: Adnan bin ‘Adad bin Humaisa’ bin Salaaman bin ‘Iwadh bin Buuz bin Qimwal bin Abi Awwam bin Naasyid bin Hiza bin Buldas bin Yadhaf bin Thabiikh bin Jaahim bin Naahisy bin Maakhi bin ‘Iid bin Abqor bin ‘Ubaid bin Addi’a bin Hamdaan bin Sunbur bin Yatsribi bin Yahzan bin Yalhan bin Ar’awi bin ‘Iid bin Disyaan bin ‘Aishar bin Afnaad bin Ayhaam bin Miqshar bin Naahits bin Zaarih bin Sumay bin Mizzi bin Uudah bin ‘Uram bin Qoidzar bin Nabi Ismail AS bin Nabi Ibrahim AS.
  3. Nasab terakhir, yaitu silsilah hingga Nabi Adam AS. Berikut ini urutannya: Nabi Ibrahim AS bin Taarih (Aazar) bin Nnahuur bin Saaruu bin Raa’uw bin Faalikh bin ‘Aabir bin Syaalikh bin Afkhasyad bin Sam bin Nabi Nuh AS bin Laamiik bin Mutwisylakh bin Nabi Idris AS bin Yarid bin Mahlaaiil bin Qoinaan bin Aanuusyah bin Nabi Syits AS bin Nabi Adam AS.

Para ulama dan penulis sirah sepakat bahwa hari kelahiran Muhammad jatuh pada bulan Rabiul Awal. Muhammad lahir di Mekkah, kota bagian selatan Jazirah Arab, sekitar tahun 570, berdekatan dengan Tahun Gajah yang merupakan tahun kegagalan penyerangan Mekkah oleh pasukan bergajah di bawah pimpinan Abrahah. Pendapat paling mashyur merujuk tanggal 12 Rabiul Awal sebagai hari kelahiran Muhammad. Berdasarkan teks hadis, Muhammad menyebut hari Senin sebagai hari kelahirannya. Penulis sirah Sulaiman Al-Manshurfuri dan ahli astronomi Mahmud Basya dalam penelitiannya melacak hari Senin yang dimaksud bertepatan dengan tanggal 9 Rabiul Awal.

BACA SELENGKAPNYA :  Yahudi, Islam dan Nabi Muhammad

Muhammad berasal dari salah satu klan suku Quraisy yakni Bani Hasyim yang mewarisi silsilah terhormat di Mekkah, meskipun tak terpandang karena kekayaannya. Ayahnya, Abdullah meninggal saat Muhammad masih dalam kandungan, enam bulan sebelum kelahiran.Muhammad bayi dibawa tinggal bersama keluarga dusun di pedalaman, mengikuti tradisi perkotaan kala itu untuk memperkuat fisik dan menghindarkan anak dari penyakit perkotaan. Ia diasuh dan disusui oleh Halimah binti Abi Dhuayb di kampung Bani Saad selama dua tahun. Setelah itu, Muhammad kecil dikembalikan untuk diasuh kepada budak Ummu Aiman. Pada usia ke-6, Muhammad kehilangan ibunya, Aminah karena sakit. Selama dua tahun berikutnya, kebutuhan Muhammad ditanggung dan dicukupi oleh kakeknya dari keluarga ayah, ‘Abd al-Muththalib. Ketika berusia delapan tahun, kakeknya meninggal dan Muhammad berikutnya diasuh oleh pamannya Abu Thalib yang tampil sebagai pemuka Bani Hasyim sepeninggal Abdul Muththalib

Kisah Abdullah, Ayah Nabi Muhammad SAW

Abdullah adalah ayah dari Nabi Muhammad SAW, anak bungsu dari Abdul Muthalib dan Fatimah binti Amru bin Aid al-Makhsumi. Abdullah lahir pada tahun 570 Masehi di Makkah, yang merupakan periode kelima dari perhitungan Arab pada zaman Jahiliyah atau bisa dikatakan saat penggalian sumur Zamzam.

Silsilah keluarga Abdullah dimulai dari Abdullah bin Abdul Muthalib (Shaiba) bin Hashim (Amr) bin Abdul Manaf (Al-Mughira) bin Qushay (Zaid) bin Kilab bin Murrah bin Ka`b bin Lu’ay bin Ghalib bin Fahr (Quraisy) bin Malik bin An-Nadr (Qais) bin Kinana bin Khuzaimah bin Mudrikah (Amir) bin Ilyas bin Mudar bin Nizar bin Ma`ad bin Adnan. Abdullah memiliki beberapa saudara laki-laki, yaitu Al-Abbas, Hanzah, Abu Thalib yang nama aslinya adalah Abu Manaf, Az-Zubair, Al-Harts, Hajl, Al-Muqawwim, Dhirar, dan Abu Lahab dengan nama asli Abdul Uzza. Sementara saudara perempuannya ialah Shafiyyah, Ummu Hakim Al-Baidha’, Atikah, Umaimah, Arwa, dan Barrah.

BACA SELENGKAPNYA :  Mazhab Maliki, Metodologi, Sebaran dan Perkembangannya

Sebelum Abdullah dilahirkan, Abdul Muthalib sempat bernazar bahwa jika dikaruniai seorang anak laki-laki kesepuluh, ia akan mengorbankannya. Pada akhirnya untalah yang akan dikorbankan karena Abdul Muthalib sangat mencintai Abdullah. Awalnya, sebelum pengorbanan terjadi, Abdul Muthalib melakukan undian antara Abdullah atau unta yang akan dikorbankan. Hasilnya, nama Abdullah yang keluar. Namun, paman-paman Abdullah dari Bani Makhzum mencegah hal tersebut. Kemudian, adakan kembali pengundian antara Abdullah dan 10 ekor unta. Abdullah menikah dengan Aminah binti Wahb saat berusia 24 tahun dan menunggal dunia pada usia 25 tahun dalam perjalanan dagang ke Syam saat Nabi Muhammad SAW masih dalam kandungan.

Kisah Aminah binti Wahb, Ibu Nabi Muhammad SAW

Aminah binti Wahb atau Siti Aminah merupakan ibu dari Nabi Muhammad SAW. Aminah lahir di Makkah pada 557 Masehi, anak dari pemimpin Bani Zuhrah, Wahb bin Abdu Manaf bin Zuhrah bin Kilab, dan Barrah binti Abdul Uzza bin Utsman bin Abduddar bin Qushay. Ia dibesarkan di rumah kuno Bani Zuhrah. Semasa hidupnya, Aminah sering kali berdiri dekat Kabah untuk menyaksikan orang-orang yang bertawaf dan meminum air dari sumur Zamzam bersama teman-temannya.

Saat menikah dengan Abdullah, usia Aminah baru mencapai 24 tahun. Ketika sedang mengandung Nabi Muhammad SAW, Aminah sempat bermimpi didatangi oleh seseorang dan bekata bahwa bayi yang dikandungnya adalah seorang pemimpin umat. Kemudian, ia melihat sinar yang memancar dari perutnya, sehingga Aminah bisa melihat istana-istana Busra di Syam. Akan tetapi, Aminah harus berjuang sendiri ketika usia kandungannya baru dua bulan. Sebab, pada saat itu Abdullah meninggal dunia. Kehilangan sang suami membuat Aminah merasakan kehilangan yang begitu mendalam.

Tepat pada 12 Rabi’ul Awal tahun 570 Masehi, lahirlah Nabi Muhammad SAW. Saat Nabi Muhammad SAW berusia 6 tahun, Aminah mengajaknya untuk berziarah ke makam Abdullah dan keluarganya dari turunan Bani Ady bin Najjar di Kota Yastrib. Namun, di tengah perjalanan menuju ke Kota Makkah, Aminah jatuh sakit dan memutuskan untuk singgah di perkampungan Makkah dan Yastrid, yaitu Al Abwa. Tidak lama kemudian, Aminah meninggal dunia dan dimakamkan di Al Abwa. Aminah, ibu Nabi Muhammad SAW, dikenal sebagai pribadi yang baik dan pandai. Sebelum Aminah meninggal, ia sempat membacakan syair untuk anak semata wayangnya.

DAFTAR INDEKS HADITS, klik di bawah ini

§  AGAMA ISLAM §  AKAL MANUSIA
§  AL QURAN §  ADZAN SEBELUM SHALAT
§  DAJAL §  UMPATAN, CACI MAKI DAN GHIBAH
§  BALA’ §  SIFAT BURUK IRI DAN DENGKI
§  AZAB ALLAH §  DZIKIR KEPADA ALLAH
§  AMPUNAN ALLAH §  HAL YANG DIBENCI DAN DIMURKAI ALLAH
§  AMAL MANUSIA §  HAL YANG DISAYANGI, DICINTAI DAN DISUKAI ALLAH
BACA SELENGKAPNYA :  INGAT SABDA RASULULLAH DI JAMAN MODERN INI : Jauhi 7 Dosa Penghancur Amal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.