September 27, 2022

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Love, Truth and Tolerance

Apakah Syafaat itu ? Mengapa Kita Harus Masuk Kelompok Yang Mendapatkan Syafaat ?

6 min read

Apakah Syafaat itu ? Mengapa Kita Harus Masuk Kelompok Yang Mendapatkan Syafaat ?

Umat Islam berdoa, bershalawat, berdizikir dan mengikuti perintah Allah dan meneladani Rasulullah dengan mengharapkan syafaat Rasulullah SAW di hari akhir kelak. Itu karena beliau merupakan manusia pilihan pemegang syafa’at al-uzma atau syafaat yang agung atas izin Allah SWT. Syafaat artinya pertolongan atau bantuan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain yang mengharapkan pertolongannya. Syafaat adalah pertolongan yang, antara lain, diberikan oleh malaikat, para nabi, atau orang-orang mukmin pilihan atas izin Allah Swt. untuk meringankan azab atau beban seseorang di akhirat. Kita ingin jadi salah satu umat yang mendapatkan syafaat. Namun, tahukah kamu bahwa ada sebab seorang muslim bisa mendapatkan syafaat dan tidak mendapatkan syafaat di akhirat nanti?

Definisi Syafaat

Syafaat artinya pertolongan atau bantuan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain yang mengharapkan pertolongannya. Syafaat adalah pertolongan yang, antara lain, diberikan oleh malaikat, para nabi, atau orang-orang mukmin pilihan atas izin Allah Swt. untuk meringankan azab atau beban seseorang di akhirat.

  • Menurut Al- Jurzani dalam al-Ta’rifat, syafaat merupakan permohonan pengampuan bagi orang yang telah melakukan dosa ataupun kesalahan.
  • Sedangkan menurut Muhammad ibn Ali, permohonan itu diajukan oleh Rasulullah ﷺ di akhirat kepada Allah Swt untuk membela seluruh umatnya hingga seluruh makhluk.
  • Sementara itu Jalal al-Din Rahmat dalam Rindu Rasul berpendapat bahwa syafaat merupakan bantuan Nabi Muhammad SAW dengan izin Allah untuk meringankan atau membebaskan umatnya dari hukuman Allah SWT.
Syafaat itu hanya ada pada Allah dan akan berhasil apabila Ia mengizinkannya. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Alquran surat Al-An’am ayat 51 yang artinya: “Dan berilah peringatan dengan apa yang diwahyukan itu kepada orang-orang yang takut akan dihimpunkan kepada Tuhannya (pada hari kiamat), sedang bagi mereka tidak ada seorang pelindung dan pemberi syafa’atpun selain daripada Allah, agar mereka bertakwa”.
Syafaat sungguh merupakan nikmat yang luar biasa sehingga hanya orang-orang yang diridhai Allah saja yang pantas mendapatkannya.
Nabi Muhammad SAW sempat menyebut bahwa ia akan memberikan syafaat kepada umat yang tidak menyekutukan Allah SWT hingga akhir hidupnya.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لِكُلِّ نَبِىٍّ دَعْوَةٌ يَدْعُو بِهَا ، وَأُرِيدُ أَنْ أَخْتَبِئَ دَعْوَتِى شَفَاعَةً لأُمَّتِى فِى الآخِرَةِ “Setiap Nabi memiliki do’a (mustajab) yang digunakan untuk berdo’a dengannya. Aku ingin menyimpan do’aku tersebut sebagai syafa’at bagi umatku di akhirat nanti.” (HR. Bukhari, no. 6304)

Lalu ada berapa macam syafaat saat umat muslim berada di akhirat? Menurut Imam al-Nawawi ada 5 macam syafaat, yaitu:

  1. Syafaat yang hanya dimiliki oleh Rasulullah ﷺ yaitu berupa memberikan keringanan bagi seluruh makhluk di padang mahsyar.
  2. Syafaat memasukkan suatu kaum ke surga tanpa hisab
  3. Syafaat bagi kaum yang telah divonis masuk neraka
  4. Syafaat bagi orang yang berdosa dan telah masuk neraka
  5. Syafaat untuk menambahkan derajat bagi para penghuni surga
BACA SELENGKAPNYA :  Quran Digital : Yusuf 4,5,100 : Mimpi dari Allah Kepada Nabi Yusuf

7 Golongan orang-orang yang akan mendapat syafaat di hari kiamat

  1. Pemimpin yang Adil Agama Islam sangat mengedepankan nilai keadilan. Ini juga prinsip yang harus dipegang teguh oleh seorang pemimpin, karena ia akan bertanggung jawab atas rakyat dan negerinya.
  2. Pemuda yang Banyak Beribadah Kepada Allah Dunia dipenuhi oleh godaan yang dapat membutakan hati dan pikiran, hingga membuat orang lalai terhadap Allah SWT. Oleh sebab itu, bagi pemuda yang selalu tekun beribadah kepada Allah SWT, ia layak mendapatkan syafaat di hari akhir.
  3. Orang yang Hatinya Terikat dengan Masjid. Orang yang senantiasa ingin memakmurkan tempat yang dicintai Allah ini akan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Hal ini tercantum dalam surat At Taubah ayat 18 yang artinya: “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”.
  4. Dua Orang atau Lebih yang Saling Menyayangi Karena Allah Artinya umat Islam menjalin keakraban satu sama lain murni karena Allah SWT, bukan untuk keuntungan duniawi seperti jabatan, harta, kekayaan, dan lain sebagainya.
  5. Lelaki yang Diajak Berzina Namun Menolaknya Akan ada ganjaran bagi seseorang yang menolak ajakan zina karena takut terhadap murka Allah. Ini adalah ciri orang yang beriman dan berakhlak baik.
  6. Orang yang Bersedekah Secara Sembunyi-Sembunyi Golongan lain yang berhak mendapat pertolongan Allah adalah mereka yang bersedekah lalu merahasiakannya, bahkan tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfaqkan oleh tangan kanannya.
  7. Orang yang Selalu Berzikir Orang yang berzikir kepada Allah di waktu sunyi sampai berlinangan air mata akan memperoleh naungan-Nya. Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada yang lebih dicintai oleh Allah selain dua tetes dan dua tanda: Air mata tercurah karena takut kepada Allah, dan setetes darah tumpah di Jalan Allah. Dan untuk dua tanda, mereka adalah tanda yang disebabkan oleh jalan Allah, dan tanda yang disebabkan oleh memenuhi salah satu tugas yang diwajibkan oleh Allah.” (HR. Hasan).
BACA SELENGKAPNYA :  Sejarah Al-Qur'an hingga berbentuk mushaf

2 sebab seorang muslim tidak mendapatkan Syafaat di akhirat nanti:

Terdapat beberapa musim yang tidak mendapatkan syafaat atau tidak ada pertolongan pertolongan yang diberikan Rasulullah untuk meringankan azab atau beban seseorang di akhirat.

  • Syirik Perbuatan syirik atau menyekutukan Allah merupakan perbuatan yang menjadi penyebab seseorang tidak mendapatkan syafaat di hari akhir nanti. Dosa syirik menjadi satu-satunya dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah, dalam firman-Nya : اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغۡفِرُ اَنۡ يُّشۡرَكَ بِهٖ وَيَغۡفِرُ مَا دُوۡنَ ذٰ لِكَ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ۚ وَمَنۡ يُّشۡرِكۡ بِاللّٰهِ فَقَدِ افۡتَـرٰۤى اِثۡمًا عَظِيۡمًا‏ “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An-Nisa: 48)
  • Pemimpin yang tidak adil dan seseorang yang berlebihan dalam beragama Penyebab seorang muslim tidak mendapatkan syafaat adalah saat menjadi pemimpin suatu kelompok ia tidak berlaku adil kepada umat dan seseorang yang berlebih-lebihan dalam beragama. Dalam sebuah riwayat Abu Umamah, Rasulullah ﷺ menjelaskan bahwa ada dua macam umatnya yang tidak memperoleh syafaat dari-nya. عن أبي أمامة رضي الله عنه قال: قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: صنفان من أمتي لن تنالهما شفاعتي: إمام ظلوم، وكل غالٍ مارق “(Yaitu) pemimpin yang zalim, dan orang yang bersikap berlebih-lebihan (dalam beragama).” (HR Ath-Thabrani)

Материалы по теме:

Kuliah Agama Islam Mantan Pendeta
 
Kesehatan Menurut Quran dan Hadits Berdasarkan Penilaian Ilmiah Berbasis Bukti
Widodo Judarwanto, Sandiaz Yudhasmara Nutrisi kesehatan memiliki tempat yang tinggi dalam Al-Qur'an sebagai Nabi dan para Imam dan ulama Islam lainnya di bidang kesehatan pada ...
Penyakit Ain Benar Adanya, Gejala dan Penyembuhan dan Pencegahannya
Penyakit Ain Benar Adanya, Gejala dan Penyembuhan dan Pencegahannya Penyakit ain adalah salah satu gangguan yang dipercaya dalam Islam. Penyakit ain adalah penyakit yang bisa ...
Doa Nabi Syuaib Dalam Quran : Agar Diberi Keputusan yang Baik
  Doa Nabi Syuaib Dalam Quran : Agar Diberi Keputusan yang Baik رَبَّنَا ٱفْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِٱلْحَقِّ وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْفَٰتِحِينَ Rabbanaftah bainana wa baina qaumina bil ...
Doa Pilihan Al Quran: Doa Mohon Kasih Sayang dan Ampunan untuk Orang Tua
 
BACA SELENGKAPNYA :  Masjid al-Bukhair atau Masjid As-Sajadah, dan Kisah Unik Nabi Muhammad SAW
Doa Mohon Kasih Sayang untuk Orang Tua رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرً Rabbiirhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiran Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.