September 27, 2022

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Love, Truth and Tolerance

Kitab Al Aufaq dan sejenisnya Jangan Dibaca, Dusta Bukan Kitab Al Ghazali. Sihir, Penuh kesyirikan dan pelanggaran Syariat

4 min read

Kitab Al Aufaq dan sejenisnya Jangan Dibaca, Dusta Bukan Kitab Al Ghazali. Sihir, Penuh kesyirikan dan pelanggaran Syariat

Kitab Al-Aufaq dan kitab sejenisnya banyak dibaca dikalangan santri yang dianggap sihir putih ternyata menurut beberapa ulama diharamkan.  Kitab ini diklaim pihak tertentu sebagai salah satu karya Syaikh Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi’i atau yang sering dikenal dengan sebutan Imam Al-Ghozali. Selain kitab Mamba’ Ushul Hikmah dan Syamsul Ma’arif Al-Kubro, salah satu kitab hikmah yang beredar di kalangan pesantren tradisional dan dijadikan judul pasanan adalah Al-Aufaq, yang dinisbatkan penulisnya kepada Imam Al-Ghazali padahal menurut Buya Yahya itu adalah dusta, dan dilarang membaca karena haram dan menyesatkan aqidah dan ajaran syariat agama.

Kitab ini memuat berbagai macam kesyrikan doa-doa, ramalan ramalan, wifiq,rajah maupun azimat dan banyak juga yang menyebutnya dengan rahasia ilmu ghaib dan menggunakan ilmu jin, tertentu lengkap dengan manfaat dan kegunaannya masing-masing.  Banyak hal yang menyimpang dari syariat agama, seperti ada cara untuk mengirimkan jin pada wanita lain dan berbagai kesyrikan lainnya. Ada juga ilmu meramal atau bermaksud menggunakan tujuan tertentu dengan mandi darah anjing dan berbagai ilmu yang melanggar syariat.

Al-Qarafî memaknai wafaq seperti Al Aufaq yang digunakan untuk sesuatu yang haram sebagai ilmu sihir. (Lihat Ibnu Hajar Al-Haitamî, Al-Fatâwî Al-Hadîtsiyyah, [Beirut, Dârul Ma‘rifah: tanpa tahun] halaman 3). Menurut Ustadz Muhammad Faizar mengikuti pendapat Al Aufaq/Wafaq haram secara mutlak sesuai fatwa dari Al Khorofi. Aufaq disebut Ustadz Muhammad Faizar merupakan tahapan mempelajari ilmu sihir, seperti mengajarkan nujum dan langkah berikutnya. Demikian kitab sejenisnya seperti Syamsul Maarif Kubro dan Manba Usul al Hikmah karya Syaikh Al Buni sebagai kitab sihir. Buya Yahya , Ustadz Muhammad Faizar dan ulama salafi lainnya mengikuti pendapat bahwa kitab Syamsul Maarif Kubro dan Manba Usul al Hikmah karya Syaikh Al Buni dan kitab-kitab semisal adalah kitab sihir dan haram dan penuh kesyrikan dan pelanggaran syariat agama.

BACA SELENGKAPNYA :  3 Penyebab Syirik dan cara Pencegahannya

Kitab ini merupakan salah satu kitab rujukan beberapa kiyai Nusantara dan mengkajinya di pesantren. Kitab ini sangat unik karna didalamnya terdapat kode-kode atau simbol tertentu yang bisa digunakan sebagai jimat dan keguanaan lainnya. Kode dan symbol itulah yang biasa disebut sebagai wifiq, azimat, atau rajah. Terlalu banyak rahasia yang terkandung dalam kitab ini dan tidak bisa semuanya dijelaskan.

Banyak hal yang mengklaim atau mengatasnamakan keyakinan iman dengan mengamalkan isi kitab ini maka harus didasari keimanan dan keyakinan yang kuat serta penyerahan diri secara penuh kepada Allah SWT, disamping itu dasar ketaqwaan juga harus slalu dipelihara agar tidak tertipu oleh tipu daya syaitan. Padahal dengan cara cara yang melanggar syariat agama. Meski kitab ini dianggap ilmu sihir putih tetapi banyak pelanggaran syariat dan kesyrikan di sana. Sehingga Buya Yahya dan banyak ulama lainnya melarang jeras membaca apalagi mengamalkan ilmu dalam kitab ini.

Selain Mamba’ Ushul Hikmah dan Syamsul Ma’arif Al-Kubro, salah satu kitab hikmah yang beredar di kalangan pesantren tradisional dan dijadikan judul pasanan adalah Al-Aufaq, yang dinisbatkan penulisnya kepada Imam Al-Ghazali.

Kitab Al-Aufaq berisi tentang rahasia-rahasia Allah dan ism a’dham-Nya. Kalangan salafi wahabi menyebut kitab ini sebagai kitab syirik. Mereka tidak paham kalau isinya adalah mengagungkan asma’ Allah dan Nabi-nya dengan cara yang tidak mereka pahami.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Al-Aufaq  yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan Sampaikan bisa bermanfaat

DAFTAR INDEKS HADITS, klik di bawah ini

§  AGAMA ISLAM §  AKAL MANUSIA
§  AL QURAN §  ADZAN SEBELUM SHALAT
§  DAJAL §  UMPATAN, CACI MAKI DAN GHIBAH
§  BALA’ §  SIFAT BURUK IRI DAN DENGKI
§  AZAB ALLAH §  DZIKIR KEPADA ALLAH
§  AMPUNAN ALLAH §  HAL YANG DIBENCI DAN DIMURKAI ALLAH
§  AMAL MANUSIA §  HAL YANG DISAYANGI, DICINTAI DAN DISUKAI ALLAH
BACA SELENGKAPNYA :  Syiah, Islam dan Kontroversinya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.