December 2, 2021

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Love, Truth and Tolerance

13 Tips dan Cara Hafalan Ayat Suci Alquran Secara Cepat Menurut Para Ulama dan Guru Hafal Quran

6 min read

13 Tips dan Cara Hafalan Ayat Suci Alquran Secara Cepat Menurut Para Ulama dan Guru Hafal Quran

Menghafal ayat-ayat kitab suci Alquran merupakan sebuah amalan baik bagi setiap Muslim. Banyak keutamaan yang akan diraih umat Islam dalam kehidupan di dunia dan akhirat jika melakukannya. Para ahli Alquran pun, disebut sebagai orang yang paling istimewa di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala. Di kehidupan akhir, mereka juga dijanjikan menempati surga paling tinggi.  Menghafalkan Alquran memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, setiap Muslim masih tetap bisa mewujudkan keinginan baik itu selama punya niat yang kuat.

Salah satu amalan paling baik bagi umat Islam adalah menghafal Al-Quran. Para penghafal Al-Quran akan mendapat kehormatan berupa Tajul Karomah. Yaitu, mahkota kemuliaan di hari kiamat. Dari Abu Umamah al-Bahili radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ Artinya: Rajinlah membaca Al-Quran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat. (HR. Muslim)

Kemudian dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda: من قرأ القرآن وتعلَّم وعمل به أُلبس والداه يوم القيامة تاجاً من نور ضوؤه مثل ضوء الشمس ، ويكسى والداه حلتين لا تقوم لهما الدنيا فيقولان : بم كسينا هذا ؟ فيقال : بأخذ ولدكما القرآن Artinya: Siapa yang menghafal Al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan Al-Quran.” (HR. Hakim)

Berdasarkan dua hadis di atas, maka diketahui bahwa kemuliaan tidak hanya didapat oleh penghafalnya saja. Melainkan, orang tua dari penghafal itu juga mendapatkan mahkota kemuliaan di hari yang kekal nanti.

13 Tips dan Cara menambah hafalan ayat-ayat suci Alquran

  1. Semangat  dan motivasi tinggi  Semangat adalah poin utama yang penting bagi orang yang ingin menghafal Alquran. Langkah ini menjadi pondasi kuat agar tak berhenti di tengah jalan. Jika semangat itu sudah dimiliki, maka Anda siap mulai menghafal ayat-ayat suci. “Keinginan kita yang kuat, tidak putus asa, tetap istikamah, itu yang kuat
  2. Buat Jadwal Rutin Setiap hari Jadwal rutin tiap hari dan dibuat jadwal tetap membuat anda disiplin dan kontinyu melakukan hafalan Quran. Misalnya setiap shalat Isya atau setelah shalat subuh selama 30-60 menit setiap hari
  3. Tidak terburu-buru Para ulama dan para pengajar hafal Quran sangat melarang sikap terburu-buru selama proses menghafal ayat. Menurutnya, tahapan ini adalah titik pembelajaran, bukan semata-mata mengejar target cepat menghafal.
  4. Utamakan kelancaran dalam pelafalan ayat Masih berhubungan dengan sikap terburu-buru, Para ulama dan para pengajar hafal Quran menyarankan para penghafal Alquran untuk mengutamakan kelancaran dalam pelafalan satu ayat sebelum berpindah ke ayat selanjutnya. Sebab, menurut dia, kiat ini akan memudahkan sang penghafal karena ada ayat yang berkesinambungan di juz selanjutnya. “Nanti ada ayat-ayat di juz setelahnya akan terbantu dari kalimat sebelumnya,” tuturnya.
  5. Jangan berhenti Seperti yang sudah disampaikan di awal, modal utama menghafal Alquran adalah semangat. Sehingga ketika sudah memulai jangan sampai berhenti di tengah jalan. Menurut para ulama dan para pengajar hafal Quran , hal ini akan menyulitkan seseorang dalam proses menghafal Alquran. Ketika sekali Anda berhenti, maka tidak mudah untuk mengulangi karena butuh motivasi lagi
  6. Mengakrabkan Diri dengan Al-Quran Salah satu cara menghafal Al-Quran dengan mudah dan cepat yang paling ampuh yaitu mengakrabkan diri dengan Al-Quran. Berinteraksi dengan Al-Quran dalam kurun waktu yang cukup banyak. Salah satu caranya adalah memulai membaca 5 juz per hari. Kemudian menghafal 1 ayat per hari.
  7. Memperbaiki Bacaan Sangat penting untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang kita miliki sebelum memulai cara menghafal Al-Quran. Dengan memberikan waktu untuk memperbaiki bacaan Al-Quran, selain hafalan menjadi lebih sempurna juga pahala yang didapatkan semakin berlipat. Selain itu, memperbaiki bacaan perlu dilakukan agar terhindar dari salah dalam membaca dan membuat kekeliruan. Menghafal Al-Quran memang mempunyai banyak keutamaan, tetapi harus dilakukan dengan cara baik dan benar.
  8. Sering Melakukan Murojaah Cara atau tips selanjutnya yaitu sering melakukan murojaah atau mengulang bacaan hingga 5-10 kali bila perlu. Semakin sering kita mengulangi satu ayat, maka akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan.  Sebaiknya tidak terburu-buru menambah hafalan tanpa mengulang ayat sebelumnya berkali-kali untuk mengurangi risiko hilangnya hafalan tersebut. Disarankan untuk mengulang murojaah sesering mungkin. Sehingga ayat yang sudah dihafalkan bisa melekat di ingatan dalam waktu yang lama.
  9. Pasang Target Menghafal Al-Quran Pasang target sangat baik dalam menghafal Al-Quran. Dengan adanya target yang jelas, maka akan lebih mudah dalam mendorong diri untuk terus semangat dalam menghafal.
  10. Membuat Jadwal Hafalan Selanjutnya, buatlah jadwal rutin. Hal ini sangat penting agar bisa disiplin dalam proses menghafal. Upayakan menyediakan satu waktu khusus untuk menghafal Al-Quran setiap harinya. Adapun beberapa waktu yang dianjurkan untuk menghafalkan Al-Quran, di antaranya di sepertiga malam terakhir, saat pertengahan siang hari, dan di pagi hari setelah salat subuh.
  11. Banyak Mendengar Murotal Sering mendengarkan murotal merupakan salah satu cara paling mudah dalam menghafal Al-Quran. Biasanya, akan lebih mudah mengingat sebuah ayat ketika ayat tersebut dilantunkan dalam irama yang merdu dan didengarkan secara berulang-ulang. Semakin sering mendengarkan murotal, maka semakin cepat banyak ayat yang kita hafal.
  12. Menggunakan Satu Jenis Mushaf Al-Quran Dalam menghafal, pastikan untuk selalu menggunakan mushaf Al-Quran yang sama. Dengan menggunakan mushaf yang sama, maka akan mempermudah untuk mengingat letak ayat yang telah dihafalkan.
  13. Istiqomah Tips atau cara terakhir adalah istiqomah. Yaitu, prinsipnya adalah teguh untuk selalu menjaga hafalan walau dalam keadaan dan situasi apa pun. Tidak ada kesuksesan yang dapat diraih kecuali dilandasi konsistensi. Begitu juga, tidak ada hafalan yang kuat diraih kecuali konsisten mengulang-ulang hafalan tersebut.
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.