May 8, 2021

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Truth and Tolerance

100 PERTANYA AN RAMADHAN: Di bulan Ramadhan setan dibelenggu,  tetapi masih ada saja yang bermaksiat ?

2 min read

 

 

100 PERTANYAAN RAMADHAN: Di bulan Ramadhan setan dibelenggu… Tetapi mengapa masih ada saja yang bermaksiat ?

PERTANYAAN

  • Dibelenggunya setan di bulan Ramadhan adalah hakekat yang telah disabdakan oleh Nabi -shollallohu alaihi wasallam-. [Riwayat sahihnya di Sunan Annasa’i: 2106, Musnad Ahmad: 7148].

Tetapi mengapa masih ada orang yang bermaksiat, maka ada beberapa jawaban, diantaranya:

  • Meskipun setan telah dibelenggu, tapi pada asalnya manusia memiliki nafsu syahwat, ini tidaklah hilang dengan dibelenggunya setan di bulan Ramadhan, hanya saja pengaruhnya akan semakin lemah.
  • Sebagian ulama, mengkhususkan belenggu itu hanya pada setan-setan kelas kakapnya saja, sehingga setan-setan kroconya tidak demikian, mereka mengambil pengkhususan ini dari riwayat Imam Nasa’i dalam Sunannya: 2106.
  • Sebagian ulama memberikan jawaban, bahwa belenggu tersebut tidak melumpuhkan setan secara total dalam mengganggu manusia, namun melemahkannya.
  • Tingkat lemahnya setan dalam menggoda manusia, sangat tergantung pada kualitas puasa orang tersebut, semakin tinggi kualitas puasanya; semakin kuat belenggunya dan semakin lemah godaannya.. semakin rendah kualitas puasanya; semakin lemah pula belenggunya dan semakin kuat godaannya.
  • Tapi karena dia tetap terbelenggu di bulan Ramadhan; sehingga godaannya di bulan itu lebih lemah daripada godaannya di bulan lainnya. (Majmu’ Fatawa 25/246, dan Fathul Bari 4/114].

 

loading...

www.islamislami.com

Copyright © 2020 WWW.ISLAMISLAMI.COM The Truth Islamic Religion Network Information Education Network. All rights reserved

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.