March 6, 2021

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Truth and Tolerance

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

 

 

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat.” (Hadis Hasan diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Pemimpin Adil

Menurut Ibn Mandhur dalam kamus Lisan Arab, adil adalah sesuatu yang hawa nafsu tidak mempengaruhi untuk menyimpang/lalim dalam suatu keputusan. Adil merupakan putusan dengan jalan yang benar atau memutuskan dengan benar (Lisanul Arab, XI: 430). Menurut Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki, pemimpin yang adil ini adalah ia yang mematahkan ‘duri’ orang-orang zalim dan pelaku kriminal. Ia menjadi sandaran kaum dhuafa dan orang-orang miskin. Dengan kehadiran pemerintah yang adil, urusan publik terselesaikan sehingga mereka merasa aman dan terjamin jiwa, harta, dan nama baiknya.

Orang yang Berpuasa

Kalimat “orang yang berpuasa sampai ia berbuka” meliputi orang-orang yang berpuasa sunah maupun wajib, khususnya puasa di bulan Ramadhan. Terkabulnya doa orang yang berpuasa disebabkan kuatnya unsur kedekatan diri kepada Allah SWT, mengosongkan jiwa dari perkara mubah dan godaan syahwat.

Orang yang Terzalimi

Kalimat “dan doa orang yang terzalimi” merupakan peringatan keras dan ancaman bagi para pelaku kezhaliman baik individu maupun kolektif. Doa orang teraniaya atau yang terzalimi termasuk salah satu doa yang mudah diijabah oleh Allah SWT. Berhati-hatilah, karena di antara dirinya dengan Allah tidak ada hijab. Sumpah, cacian dan kata-kata buruk adalah doa yang didengar Allah. Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

“Allah tidak menyukai perkataan buruk, (yang diucapkan) secara terus terang kecuali oleh orang yang dizalimi. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. An-Nisa: 148).

Doa Orang Tua

Diantara doa yang tidak akan ditolak oleh Allah adalah doa orang tua. Setiap ucapan orang tua merupakan doa. Doa-doa yang dipanjatkan oleh kedua orang tua pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT, entah doa itu baik ataupun buruk. Oleh karena itu, kamu harus berbakti kepada kedua orang tuamu karena doa orang tua merupakan doa yang tidak akan ditolak oleh Allah. Doa orang tua merupakan doa yang paling mustajab. Dengan berbakti kepada orang tua, kamu akan senantiasa mendapatkan ridha dan doa terbaik dari mereka. Orang tua tentunya menginginkan yang terbaik untuk anaknya, makanya doa merka merupakan doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya: “Jangan kamu berdoa kepada Allah untuk keburukan diri kamu, atau berdoa untuk keburukan anak-anak kamu, atau berdoa untuk para pembantu kamu atau berdoa untuk keburukan harta benda kamu, janganlah kamu berdoa kepada Allah dengan sesuatu permohonan (yang buruk) pada saat mustajab (yakni yang memungkinkan bagi doa itu untuk dikabulkan) sehingga Allah mengabulkan doa dan permohonan kamu.” (HR. Muslim).

loading...

www.islamislami.com

Copyright © 2020 WWW.ISLAMISLAMI.COM The Truth Islamic Religion Network Information Education Network. All rights reserved

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.