August 14, 2022

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Love, Truth and Tolerance

10 Kebaikan Sedekah di Dunia dan Akhirat

3 min read

Sedekah adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekadar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik. Dalam sebuah hadis digambarkan, “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah.” Umat muslim harus bershadaqah baik sedikit maupun banyak, karena di dalam shadaqah itu terdapat sepuluh kebaikan, lima di dunia dan lima di akhirat.

Sedekah berarti pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi. Pengertian secara umum shadaqah atau sedekah adalah mengamalkan harta di jalan Allah dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dan semata-mata mengharapkan ridha-Nya sebagai bukti kebenaran iman seseorang.  Istilah lain sedekah adalah derma dan donasi.

Al-Quran Surah Al-Baqarah Ayat 245 :

Barang siapa yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepda-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Ayat tersebut menggambarkan bahwa shadaqah memiliki makna mendermakan atau menyisihkan uang di jalan Allah swt. Memberi sedekah kepada fakir miskin, kerabat, atau orang lain yang dilakukan hanya untuk mengaharap ridha Allah maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, baik di dunia maupun di akhirat.

5 kebaikan di dunia :

  1. Membersihkan harta, sebagaimana sabda Nabi SAW, “Ingatlah bahwa jual beli itu selalu diliputi oleh hal-hal yang tidak baik, sumpah dan dusta, maka campurilah/ bersihkanlah dengan shadaqa.”
  2. Menolak musibah dan penyakit, sebagaimana sabda Nabi SAW, “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kamu itu dengan shadaqah.”
  3. Membersihkan badan dari dosa, sebagaimana firman Allah, “Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka,” (QS. At-Taubah: 103).
  4. Menggembirakan orang miskin, dan pekerjaan yang paling utama adalah menggembirakan orang-orang yang beriman.
  5. Membawa berkah dalam harta dan kelapangan rezeki, sebagaiman firman Allah, “Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya,” (QS. Saba’: 39).

5 kebaikan di akhirat :

  1. Shadaqah itu akan menjadi pelindung baginya dari panas.
  2. Shadaqah itu akan memperingan hisab.
  3. Shadaqah itu akan memberatkan timbangan.
  4. Shadaqah itu akan memperlancar melewati shirath.
  5. Shadaqah itu akan menambah derajat di surga.

 

ARTIKEL TEREKOMENDASI LAINNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published.

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.