ISLAM ISLAMI

INDEKS HADITS : DAJAL

Spread the love

Hadits atau sunnah, adalah perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan landasan syariat Islam. Hadis dijadikan sumber hukum Islam selain al-Qur’an, dalam hal ini kedudukan hadis merupakan sumber hukum kedua setelah al-Qur’an.

Hadis secara harfiah berarti “berbicara”, “perkataan” atau “percakapan”. Dalam terminologi Islam istilah hadis berarti melaporkan, mencatat sebuah pernyataan dan tingkah laku dari Nabi Muhammad. Menurut istilah ulama ahli hadis, hadis yaitu apa yang diriwayatkan dari Nabi, baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapannya (taqrīr‎), sifat jasmani atau sifat akhlak, perjalanan setelah diangkat sebagai Nabi  dan terkadang juga sebelumnya, sehingga arti hadis di sini semakna dengan sunnah.

Kata hadis yang mengalami perluasan makna sehingga disinonimkan dengan Sunnah, maka pada saat ini bisa berarti segala perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan maupun persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan ketetapan ataupun hukum.

Dajal adalah seorang tokoh dalam eskatologi Islam yang akan muncul menjelang kiamat. Dajal dikatakan kafir dan jahat, pembawa fitnah (ujian) terbesar dan tidak ada ujian yang terbesar selain itu. Para nabi sebelum Nabi Muhammad telah pula menjelaskan tentang Dajal kepada umatnya, hanya tidak sedetail penjelasan Muhammad, seperti Dajal adalah seorang yang pecak (buta) disalah satu matanya.
INDEKS HADITS : DAJAL

HR. Bukhari, Muslim melalui Anas Bin Malik r.a
Rasulullah Saw bersabda:
Tidak seorang Nabi-pun yang diutus melainkan dia memberi peringatan (yang menakutkan) kepada umatnya tentang penipu yang buta sebelah matanya.
Ketahuilah bahwa Dajjal itu buta sebelah matanya dan Tuhan kalian tidak buta sebelah matanya dan ditulis diantara dua matanya (Dajjal) Kaf Fa dan Ra (kafir).

HR. Bukhari, Muslim melalui Abu Hurairah r.a
Rasulullah Saw bersabda:
Perhatian!, aku akan menceritakan kepada kalian tentang Dajjal apa yang belum diceritakan oleh Nabi kepada kaumnya.
Sesungguhnya Dajjal itu buta sebelah matanya.
Dia akan datang membawa bersamanya seperti Surga dan Neraka.
Surga yang didakwa oleh Ddajjal itu sebenarnya adalah Neraka.
Aku memperingatkan kalian (dalam masalah Dajjal) sebagaimana Nabi Nuh memperingatkan kaumnya.

HR. Bukhari, Muslim melalui Abu Hurairah r.a
Rasulullah Saw bersabda:
Apabila seseorang dari kalian berada dalam keadaan Tasyahud maka hendaklah dia memohon perlindungan kepada Allah dari empat perkara seraya berdoa:
‘Ya Allah!, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari siksa Neraka Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah sewaktu hidup dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Dajjal’.

HR. Bukhari, Muslim
Diriwayatkan oleh Aisyah r.a, berkata:
Nabi Saw sering berdoa ketika Shalatnya dengan berkata:
‘Ya Allah!, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu oleh siksa kubur dan aku memohon perlindungan kepada-Mu oleh fitnah dajjal. Aku juga memohon perlindungan kepadamu oleh fitnah sewaktu hidup dan setelah mati’.
‘Ya Allah!, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari segala dosa dan hutang’.
Aisyah berkata lagi:
Seseorang telah berkata kepada Rasulullah Saw:
‘Alangkah banyaknya kalian memohon perlindungan dari beban hutang wahai Rasulullah!’
Lalu Rasulullah bersabda:
‘Sesungguhnya seseorang yang sudah terkena beban hutang apabila dia berkata-kata dia akan berdusta dan apabila berjanji dia akan mengingkari’

HR. Bukhari, Muslim
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a, berkata:
Aku menyukai bani Tamim karena tiga perkara yang aku dengar dari Rasulullah Saw, dimana Beliau bersabda:
‘Mereka yaitu bani Tamim adalah umatku yang paling kuat menghadapi Dajjal’
Dikatakan: ketika sedekah-sedekah mereka sampai atau diterima,
Nabi Saw bersabda:
‘Ini adalah sedekah kaum-ku’
Ketika orang-orang tawanan dari kalangan mereka berada bersama Aisyah,
Rasulullah Saw bersabda:
‘Merdekakanlah mereka karena mereka adalah keturunan Nabi Ismail’

HR. Bukhari, Muslim
Diriwayatkan oleh Al-Mughirah bin Syu’bah r.a,
katanya tidak seorangpun yang bertanya tentang Dajjal kepada Rasulullah Saw lebih banyak dari pertanyaanku kepada Beliau dalam persoalan yang sama. Maka
Beliau bersabda:
‘Wahai anakku!, apakah yang membuat kalian bersusah payah untuk memikirkannya?, Sesungguhnya dia tidak akan membahayakanmu’
Aku berkata:
‘Orang-orang beranggapan bahwa dia akan membawa air yang banyak dan gunung-gunung roti’
Rasulullah Saw bersabda:
‘Yang lebih dari itu, mudah saja bagi Allah’

HR. Bukhari, Muslim
Diriwayatkan oleh Al-Mughirah bin Syu’bah r.a, berkata:
Tidak seorangpun yang bertanya kepada Nabi Saw tentang Dajjal lebih banyak dari apa yang aku tanya.
Rasulullah Saw bersabda:
‘Apakah yang menyusahkan kalian, dia tidak bisa memberi sembarang kemudharatan kepada kalian’
Aku berkata:
‘Wahai Rasulullah!, mereka berkata, dia (Dajjal) mempunyai makanan dan sungai’
Nabi Saw bersabda lagi:
“Dia merupakan makhluk yang paling hina karena bisa menipu para Mu’min dengan nikmat yang diberikan oleh Allah kepadanya”

HR. Bukhari, Muslim
Diriwayatkan oleh Aisyah r.a, berkata:
Aku mendengar Rasulullah Saw senantiasa memohon perlindungan dari fitnah Dajjal ketika dalam Shalatnya.

HR. Muslim
Dari An Nawwas bin Sam’an berkata, “Pada suatu pagi, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam menyebut Dajjal, beliau melirihkan suara dan mengeraskannya hingga kami mengiranya berada di sekelompok pohon kurma.
“Saat Dajjal seperti itu, tiba-tiba ‘Isa putra Maryam turun di sebelah timur Damaskus di menara putih dengan mengenakan dua baju (yang dicelup wars dan za’faran) seraya meletakkan kedua tangannya di atas sayap dua malaikat, bila ia menundukkan kepala, air pun menetas. Bila ia mengangkat kepala, air pun bercucuran seperti mutiara. Tidaklah orang kafir mencium bau dirinya melainkan ia akan mati. Sungguh bau nafasnya sejauh mata memandang. Isa mencari Dajjal hingga menemuinya di pintu Ludd lalu membunuhnya. Setelah itu Isa bin Maryam mendatangi suatu kaum yang dijaga oleh Allah dari Dajjal. Ia mengusap wajah-wajah mereka dan menceritakan tingkatan-tingkatan mereka di surga.

HR. Muslim
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Lalu Allah mengutus Isa bin Maryam seperti Urwah bin Mas’ud, ia mencari Dajjal dan membunuhnya. Setelah itu selama tujuh tahun, manusia tinggal dan tidak ada permusuhan di antara dua orang pun. Kemudian Allah mengirim angin sejuk dari arah Syam lalu tidak tersisa seorang yang dihatinya ada kebaikan atau keimanan seberat biji sawi pun yang tersisa kecuali mencabut nyawanya”

HR. Abu Daud
“Pada masa beliau, Allah akan membinasakan semua agama selain Islam, Isa akan membunuh Dajjal, dan beliau akan tinggal di muka bumi selama empat puluh tahun. Setelah itu ia meninggal dan kaum muslimin menshalatinya.”

HR. Ahmad
Dari ‘Aisyah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Jika Dajjal telah keluar dan saya masih hidup maka saya akan membela (menjaga) kalian, namun Dajjal keluar sesudahku. Sesungguhnya Rabb kalian ‘azza wajalla tidaklah buta sebelah (bermata satu) dan Dajjal akan keluar di Yahudi Ashbahan hingga ia datang ke Madinah dan turun di tepinya yang mana Madinah pada waktu itu memiliki tujuh pintu. Pada setiap pintu terdapat malaikat yang menjaga, lalu akan keluar (menuju) kepada Dajjal sejelek-jelek penduduk madinah darinya hingga ke Syam tepat di kota palestina di pintu Lud.” Sesekali Abu Daud berkata, “Hingga Dajjal datang (tiba) di palestina di pintu Lud, lalu Isa ‘alaihis salam turun dan membunuhnya, kemudian Isa ‘alaihis salam tinggal di bumi selama empat puluh tahun dan menjadi imam yang adil dan hakim yang adil.”

HR. Ahmad
Dari ‘Aisyah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Isa akan membunuh Dajjal, lalu akan tinggal di muka bumi selama 40 tahun”

HR. Muslim
Dari An Nawwas bin Sam’an  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Allah mengirim Ya’juj dan Ma’juj, ‘Dari segala penjuru mereka datang dengan cepat.’ (Al Anbiyaa`: 96) Lalu yang terdepan melintasi danau Thabari dan minum kemudian yang belakang melintasi, mereka berkata: ‘Tadi disini ada airnya.’ nabi Allah Isa dan para sahabatnya dikepung hingga kepala kerbau milik salah seorang dari mereka lebih baik dari seratus dinar milik salah seorang dari kalian saat ini, lalu nabi Allah Isa dan para sahabatnya menginginkan Allah mengirimkan cacing di leher mereka lalu mereka mati seperti matinya satu jiwa, lalu ‘Isa dan para sahabatnya datang, tidak ada satu sejengkal tempat pun melainkan telah dipenuhi oleh bangkai dan bau busuk darah mereka. Lalu Isa dan para sahabatnya berdoa kepada Allah lalu Allah mengirim burung seperti leher unta. Burung itu membawa mereka dan melemparkan mereka seperti yang dikehendaki Allah, lalu Allah mengirim hujan kepada mereka, tidak ada rumah dari bulu atau rumah dari tanah yang menghalangi turunnya hujan, hujan itu membasahi bumi hingga dan meninggalkan genangan dimana-mana. Allah memberkahi kesuburannya hingga hingga sekelompok manusia cukup dengan unta perahan, satu kabilah cukup dengan sapi perahan dan beberapa kerabat mencukupkan diri dengan kambing perahan. Saat mereka seperti itu, tiba-tiba Allah mengirim angin sepoi-sepoi lalu mencabut nyawa setiap orang mu`min dan muslim di bawah ketiak mereka, dan orang-orang yang tersisa adalah manusia-manusia buruk, mereka melakukan hubungan badan secara tenang-terangan seperti keledai kawin. Maka atas mereka itulah kiamat terjadi.”

HR. Bukhari, Muslim dari Abu Hurairah r.a
“Aku orang yang paling dekat dengan ‘Isa bin Maryam ‘alaihis salam di dunia dan akhirat, dan para Nabi adalah bersaudara (dari keturunan) satu ayah dengan ibu yang berbeda, sedangkan agama mereka satu”

DAFTAR INDEKS HADITS, klik di bawah ini

§  AGAMA ISLAM §  AKAL MANUSIA
§  AL QURAN §  ADZAN SEBELUM SHALAT
§  DAJAL §  UMPATAN, CACI MAKI DAN GHIBAH
§  BALA’ §  SIFAT BURUK IRI DAN DENGKI
§  AZAB ALLAH §  DZIKIR KEPADA ALLAH
§  AMPUNAN ALLAH §  HAL YANG DIBENCI DAN DIMURKAI ALLAH
§  AMAL MANUSIA §  HAL YANG DISAYANGI, DICINTAI DAN DISUKAI ALLAH
BACA  Silsilah Lengkap Keluarga Besar Nabi Muhammad SAW

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *