ISLAM ISLAMI

Masjid al-Bukhair atau Masjid As-Sajadah, dan Kisah Unik Nabi Muhammad SAW

 

Masjid As-Sajadah, dahulunya dikenal dengan nama Masjid al-Bukhair, yaitu masjid yang dulunya terletak di sebuah perkebunan sekitar 650 meter dari Masjid Nabawi. Masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Assajadah karena Rasulullah Saw. pernah mampir ke masjid ini dan shalat dua rakaat sedangkan sujud akhirnya panjang sekali sehingga saking panjangnya sahabat mengira dan khawatir Rasulullah Saw. telah meninggal dalam sujudnya. Setelah itu beliau bangkit dan menyelesaikan shalatnya.

Masjid As-Sajadah, Masjid Asy-Syukr atau Masjid Abi Dzar, adalah sebuah masjid yang terletak 900 meter utara Masjid Nabawi. Masjid ini disebut sebagai Masjid As-Sajadah dikarenakan tempat ini diyakini sebagai tempat sujud syukur Nabi S.A.W. ketika ia mendapatkan kabar gembira dari Jibril tentang salawat. Saat ini, Masjid ini lebih dikenal dengan nama Masjid Abi Dzar dan terletak di Jalan Abi Dzar, Masjid ini dibangun ulang serta diperluas pada tahun 1421 H/2000.

Hadis tentang salawat yang turun di tempat ini

Telah menceritakan kepada kami Abu Salamah Manshur bin Salamah Al Khuza’i telah menceritakan kepada kami Laits dari Yazid bin Al Had dari ‘Amru bin Abu ‘Amru dari Abu Al Huwairits dari Muhammad bin Jubair bin Muth’im dari Abdurrahman bin Auf berkata; Suatu ketika Rasulullah S.A.W. keluar kemudian aku mengikuti dia, ketika dia masuk ke kebun kurma, dia bersujud dengan memanjangkannya sehingga membuatku takut atau khawatir jika Allah mewafatkan atau mencabut ruhnya. Maka aku mendekati dia dan memperhatikannya, tiba-tiba dia mengangkat kepalanya, lalu bertanya: “ada apa denganmu wahai Abdurrahman?” saya pun menerangkan hal itu kepada dia, dan dia menjawab; “Jibril ‘Alaihiis salam berkata kepadaku: ‘Apakah kamu mau aku sampaikan kabar gembira kepadamu, sesungguhnya Allah ‘azza wajalla berfirman kepadamu: ‘Barangsiapa bershalawat kepadamu, niscaya Aku akan bershalawat kepadanya, dan barangsiapa yang mengucapkan salam kepadamu niscaya aku akan mengucapkan salam kepadanya.” Telah menceritakan kepada kami Yunus telah menceritakan kepada kami Laits dari Yazid dari ‘Amru dari Abdurrahman Abu Al Huwairits dari Muhammad bin Jubair dari Abdurrahman bin Auf berkata; “Aku masuk masjid dan melihat Rasulullah S.A.W. keluar dari masjid, kemudian aku mengikutinya.., ” kemudian dia menyebutkan hadits secara lengkap

BACA  Manusia Terbaik Menurut Nabi Muhammad

Selepas shalat sahabat Abdurahman bin ‘Auf bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang sujud-Nya yang panjang dan kekhawatiran mereka atas wafatnya Rasulullah Saw. dalam sujud, maka Rasulullah Saw. menjawab:

إِنَّ جِبْرِيْلَ بَشَّرَنِيْ أَنَّ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَمَنْ سَلَّمَ عَلَيَّ سَلَّمَ اللهُ عَلَيْهِ(رواه البيهقي و احمد)Sesungguhnya jibril menghiburku bahwasanya siapa saja bershalawat kepadaku, Allah Swt. akan bershalawat pula kepadanya dan siapa saja yang memberi salam kepadaku, niscaya Allah Swt. akan memberi salam pula kepadanya. (HR. Baihaqi dan Imam Ahmad)

Berdasarkan peristiwa tersebut, masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Shalawat.

 

Alunan Suara Luarbiasa Surat ad Dhuha: Jangan Berbuat Buruk Pada Anak Yatim dan Peminta minta
Watch this video on YouTube.
DOKTER INDONESIA ONLINE VIDEO

Alunan Syahdu Merdu Al Humazah: Harta, Pengumpat dan Nerakah Hutamah
Watch this video on YouTube.
DOKTER INDONESIA ONLINE VIDEO

YOUTUBE PILIHAN: Alunan Alfatihah Suara Paling Merdu dan Paling Dahsyat Seorang Anak
Watch this video on YouTube.
DOKTER INDONESIA ONLINE VIDEO




.


.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *