ISLAM ISLAMI

Masjid Al-ijabah dan Kisah 3 Doa Nabi Muhammad

 

Masjid Al-Ijabah yaitu masjid yang terletak disebelah utara barat laut dari Masjid Nabawi yang dahulunya dikenal dengan nama Manzil Bani Muawwiyah yang sekarang ini terkenal dengan nama Masjid Al-Ijabah disebabkan karena Rasulullah Saw. pada suatu hari lewat di Masjid Bani Muawwiyah dan Mampir shalat dua rakaat dengan do’a yang sangat panjang dan para sahabat ikut shalat bersamanya.

Selesai Rasulullah Saw. shalat beliau berbalik kepada sahabatnya dan bersabda:

سَأَلْتُ رَبِّي ثَلَاثًا فَأَعْطَانِي ثِنْتَيْنِ وَمَنَعَنِيْ وَاحِدَةً سَأَلْتُ رَبِّيْ أَنْ لَا يُهْلِكَ أُمَّتِي بِالسَّنَةِ فَأَعْطَانِيْهَا وَسَأَلْتُهُ أَنْ لَا يُهْلِكَ أُمَّتِيْ بِالْغَرَقِ فَأَعْطَانِيْهَا وَسَأَلْتُهُ أَنْ لَا يَجْعَلَ بَأْسَهُمْ بَيْنَهُمْ فَمَنَعَنِيْهَا

(رواه مُسْلِمٌ)

Saya telah meminta kepada Tuhanku tiga hal, dikabulkan dua dan ditolak satu (yaitu) aku memohon kepada-Nya agar Tuhanku tidak membinasakan umatku dengan bencana musim, maka Tuhanku mengabulkannya, dan aku memintanya untuk tidak menghancurkan umatku dengan bencana tenggelam, maka Tuhanku mengabulkannya, lalu aku memohon kepada Tuhanku untuk tidak terjadi derita karena permusuhan diantara mereka, maka Tuhanku menolaknya. (HR. Muslim)

Dalam Shahih Muslim, Amir bin Sa’dari menuturkan dari ayahnya, “Suatu hari Rasulullah datang dari Al-Aliyah. Dia melewati masjid Bani Muawiyah. Dia masuk masjid itu dan salat dua rakaat. Kami pun ikut salat bersama dia. Rasulullah berdoa lama sekali, lalu menuju kami.” “Dia mengatakan, ‘Aku meminta tiga hal kepada Rabbku. Tetapi, hanya dua hal dikabulkan, dan satu hal tidak diperkenankan. Aku meminta agar umatku tidak dibinasakan dengan paceklik. Permintaanku pun dikabulkan. Aku memohon agar umatku tidak ditenggelamkan. Permohonanku pun dikabulkan. Aku mengharap agar permusuhan umatku tidak terjadi antar sesama mereka, tetapi permintaanku tidak dikabulkan.”

Malik meriwayatkan dari Abdullah bin Jabir bin Atik, dia berkata, “Abdullah bin Umar datang kepada kami di Bani Muawiyah—salah satu desa kaum Anshar—dan bertanya, ‘Apakah kalian tahu di mana dulu Rasulullah salat di masjid kalian ini?’ Aku menjawab, ‘Ya.’ Lalu aku menunjuk ke satu arah. Dia kembali bertanya, ‘Apakah engkau tahu tiga hal yang diminta oleh Rasulullah?’ Aku menjawab, ‘Ya, aku tahu. Dia berkata, ‘Beri tahu aku tiga hal itu!’ Aku berkata, ‘Rasulullah berdoa agar tidak dikalahkan oleh musuh dari golongan orang kafir. Dan agar tidak dibinasakan dengan paceklik. Keduanya dikabulkan oleh Allah. Rasulullah juga berdoa agar permusuhan umatnya tidak terjadi antar sesama mereka. Tetapi, permohonan ini tidak dikabulkan.’ Ibnu Umar berkata, ‘Engkau benar. Sehingga peperangan, fitnah, dan perselisihan terus berlangsung hingga Hari Kiamat nanti

BACA  Pesan Damai Untuk Saudaraku Non Muslim

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *