ISLAM ISLAMI

Mudik, Budaya Unik Indonesia Saat Lebaran

Mudik, Budaya Unik Indonesia Saat Lebaran

Mudik adalah kegiatan $asyarakat Indonesia yang merantau di luar daerah atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya atau tanah kelahirannya. Mudik adalah budaya unik di Indonesia yang merupakan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan dan di luar tanah kelahirannya.

Para pakar sosial mengatakan bahwa mudik merupakan fenomena sosial yang rutin luar biasa besar yang berdampak kuat pada masalah ekonomi, sosial, keamanan dan ekonomi. Mudik di sini di fahami sebagai liburan massal warga kotakota besar di daerah asal mereka dari desa atau kota-kota yang lebih kecil). Kegiatan ini biasanya di lakukan menjelang hari raya Idul Fitri,natal dan tahun baru. Jumlah warga kota yang mudik setiap tahun diperkirakan berkisar sekitar sepuluh hingga enampuluh persen. Hal ini dapat dilihat pada bukti empiris: saat liburan di atas jalan-jalan dan pusat-pusat keramaian kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan sebagainya, menjadi relatif sepi. Hal ini sejalan dengan pendapat yang mengatakan bahwa kota-kota besar Indonesia dibangun oleh keberadaan para “pendatang”

Di awal integrasi masyarakat Indonesia pada sistem ekonomi kapitalis dunia, di mana tingkat rasionalisasi relatif belum berkembang, mudik mempunyai motif tradisionalistik. Yaitu, warga kota mengisi kembali “ruh” polapola kehidupan tradisional yang terkikis dalam persentuhan dengan modernisasi di kota-kota besar. Mudik dapat dipandang sebagai penegasan rutin keanggotaan warga kota besar pada komunal daerah asal di desa atau kota-kota yang lebih kecil. Mudik pun sarat simbol kultural mengenai cerita sukses warga desa berjuang di kerasnya kehidupan kota-kota besar. Pada konteks ini, warga yang tidak mudik biasanya diinterpretasikan berdasarkan alasan yang familiar seperti berhalangan (positif) atau mulai “lupa” asal-usul (negatif).

BACA  Sejarah Bulan Ramadhan

Di abad modern imasyarakat  Indonesia telah melalui lebih dari tiga dasawarsa berkiprah dalam dunia ekonomi berorientasi pasar, motif mudik telah bergeser ke arah yang lebih
rasional.

Tradisi mudik hanya ada budaya unik yang ada di Indonesia. Budaya seperti ini di Indonesia jarang sekali ditemui. Di Arab Saudi misalnya, tempat budaya leluhur Islam bersumber juga berbeda. Di Arab Saudi bermaaf-maafan atau saling minta maaf lahir dan batin adalah justru saat menjelanhg ibadah puasa bulan ramadhan.

Budaya unik ini terjadi karena transformasi budaya Islam yang teradaptasi dengan budaya daerah di Indonesia. Di Indonesia umat muslim setelah berjuang melawan hawa nafsu saat bulan ramadhan, meyakini bahwa memasuki lebaran akan menjadi manusia yang bersih seperti dilahirkan. Saat itulah wargam muslim merayakan berbagai kemenangan dalam perjuangan di bulan ramadhan. Budaya saling maaf memaafkan timbul karena keyakinan tersebut. Upaya saling memaafkan akan dilakukan khususnya terhadap orang tua, saudara, atau handai taulan yang ada di lingkungannya.

Selain silaturahmi dan budaya maaf memaafkan saat lebaran umat muslim merayakan kemenagannya dengan berbagai cara. Mulai dengan budaya menyulut mercon, kembang api, menabuh bedug, atau berpesta dengan berbagai macam kuliner yang khas dan istemewa.

Keuntungan Mudik

  1. Moda alternatif pemerataan sosial-ekonomi yang secara formal, melalui peran negara dan swasta dirasakan banyak kekurangannya. Orang mudik biasanya membawa cukup uang yang dibelanjakan dan didistribusikan dikalangan keluarga dekat di daerah asal. Sehingga, aktivitas ini mampu menyumbang pada bertambahnya jumlah perputaran uang di daerah
  2. Reproduksi ekonomi warga kota besar. Mudik juga dapat dilihat sebagai bagian dari proses untuk memulihkankekuatan produktif .
  3. Modal sosial (jaringan ekonomi diantara anggota keluarga luas dan kenalan) dapat terpupuk yang kemudian diharapkan dapat menopang produktivitas ketika kembali lagi ke kota.
BACA  100 PERTANYAAN RAMADHAN: Apakah Hukum Puasa Bagi Wanita Haid dan Nifas ?

Kerugian Mudik

  1. Kerugian sistemik mudik pun dapat kita identifikasi. Ia terkait dengan melonjaknya masalah transportasi, keamanan, lingkungan
    (polusi), dan ekonomi rumah tangga. Namun demikian, masalah ini
    dapat dilihat sebagai tantangan bagi negara untuk melakukan
    fasilitasi: 1) pengembangan sistem transportasi cepat dan massal
    yang bersifat luas dan lintas daeral/pulau; 2) keamanan berbasis
    kesejahteraan warga; 3) pembangunan sistem keamanan sosial dan
    kerja termasuk cuti. Melalui peran negara di atas, mudik akan
    menjadi perilaku warga Jakarta yang nyaman dan berdimensi sosialekonomi rasional-produktif.
Shalat Tahajud Sesuai Tuntunan Rasulullah, dan Keutamaannya
Watch this video on YouTube.
DOKTER INDONESIA ONLINE VIDEO

Shalat Dhuha Sesuai Tuntunan Rasulullah dan Tatacaranya
Watch this video on YouTube.
DOKTER INDONESIA ONLINE VIDEO

Dahsyatnya 12 Rakaat Sehari Shalat Sunah Rawatib dan Tatacaranya
Watch this video on YouTube.
DOKTER INDONESIA ONLINE VIDEO

Shalat Fardhu dan Shalat Sunah Rawatib Sesuai Tuntunan Rasulullah
Watch this video on YouTube.
DOKTER INDONESIA ONLINE VIDEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *