ISLAM ISLAMI

Ayat Quran dan Hadist Pilihan: Masalah Anak dan Anak

Anak-anak juga merupakan cobaan bagi para orang tua. Sebagaimana Allah menjelaskan dalam Al-Quran surat At Taghaabun ayat 14-15.

“Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (QS. At Taghaabun: 14- 15)

Rasa cinta orang tua pada anak tersebut merupakan sifat yang alami dan merupakan anugerah dari Allah. Meskipun demikian, rasa cinta yang berlebih tersebut tidak boleh ditampakkan agar tidak memancing rasa kecemburuan pada anak.

Sebagaimana yang terjadi pada Nabi Ya’qub AS yang begitu mencintai anaknya yang bernama Nabi Yusuf AS. Rasa cinta tersebut kemudian menimbulkan perasaan jengkel di dada anak-anaknya yang lain seperti disebutkan dalam surat Yusuf ayat 7-8.

Dalam ayat tersebut Allah berfirman, “Sesungguhnya ada beberapa tanda-tanda kekuasaan Allah pada (kisah) Yusuf dan saudara-saudaranya bagi orang-orang yang bertanya. (Yaitu) ketika mereka berkata, ‘Sesungguhnya Yusuf dan saudara kandungnya lebih dicintai oleh ayah kita dari pada kita sendiri, padahal kita (ini) adalah satu golongan (banyak). Sesungguhnya ayah kita di dalam kekeliruan yang nyata.” (QS. Yusuf: 7-8)

Setiap anak yang lahir terpelihara dengan aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hari ke-7 (dari kelahirannya, dicukur, dan diberi nama.(HR.Abu Dawud)

Peliharalah anak-anakmu dan perbaikilah budi pekertinya, sesungguhnya anak-anak itu adalah hadiah Allah kepadamu.(Al-Hadist)

Apabila seorang anak Adam telah mati, terputuslah amalannya, kecuali tiga perkara; sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang selalu mendoakannya.(Al-Hadist)

Mendidik Anak Lebih Baik dari Sedekah

Nabi saw. bersabda, “Seseorang mendidik anaknya itu lebih baik baginya dari pada ia menshadaqahkan (setiap hari) satu sha’.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dari sahabat Jabir bin Samurah r.a.

Rumah Bahagia di Surga

Nabi saw. bersabda, “Sungguh di dalam surga itu ada rumah yang disebut rumah kebahagiaan yang tidak dimasuki kecuali orang yang membahagiakan anak-anak kecil.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Abu Ya’la dari sayyidah Aisyah r.a.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *