September 19, 2021

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Truth and Tolerance

4 Kehebatan Al Quran, Bukan Sekedar Sastra Biasa

5 min read

 

Al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam. Umat Islam percaya bahwa Al-Qur’an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah yang diperuntukkan bagi manusia dan bagian dari rukun iman yangdisampaikan kepada Nabi Muhammad  melalui perantaraan Malaikat Jibril; dan wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad adalah sebagaimana yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-‘Alaq . ayat 1-5. Menurut Corselle seorang Cendekiawan-Penterjemah Quran Al-Qur’an adalah karya yang paling sempurna dan luar biasa berbahasa arab. Karya mukjizat ini tidak mungkin dibuat oleh manusia. Al-Qur’an itu sendiri merupakan mukjizat abadi dan mukjizat tersebut lebih agung dari pada membangkitkan mayat. Kitab suci ini sendiri sudah cukup untuk membuktikan bahwa ia memang datang dari langit. Al-Qur’an menantang penyair dan pendakwah untuk membuat satu saja ayat yang setara dengan ayat Al-Qur’an, namun tak satupun yang sanggup melakukannya.

Al-Quran bukanlah buku novel atau puisi biasa seperti buatan manusia, tapi nilai sastranya luar biasa. Terdapat kehebatan ciptaan Allah ini bila dilihat dari kata-kata dalam al-Quran sangat seimbang atau sama

  1. Kata al-hayah (KEHIDUPAN) disebut dalam al-Quran sebanyak 145 kali, ini sama dengan kata al-maut (KEMATIAN) yang jumlahnya juga 145 kali.
  2. Kata an-naf (MANFAAT) disebut 50 kali sama dengan kata al-fasad (KERUSAKAN) yang juga berjumlah 50 kali.
  3. Kata al-harr (PANAS) terdapat dalam al-Quran 4 kali, sama dengan kata al-bard (DINGIN) juga 4 kali. 
  4. Kata ash-shalihat (KEBAJIKAN) disebut 167 kali, sama dengan as-sayyiat (KEBURUKAN) yang jumlahnya juga 167 kali.

Kehebatan Lainnya

  • Alquran memuat ajaran Ketuhanan yang pernah dimuat di kitab-kitab sebelumnya.
  • Alquran berisi ajaran Allah SWT untuk memberi petunjuk dan seluruh umat manusia di segala zaman. oleh karena itu Alquran akan selalu dipelihara dari terjadinya perubahan dan akan selalu terjaga keasliaannya. Firman Allah SWT  ” Sesunguhnya Kami telah menurunkan Alquran dan sesungguhnya Kami senantiasa melindungiNya“(Qs. Al-Hijir : 9).
  • jika kitab sebelumnya diturunkan untuk kaum tertentu, maka Alquran diturunkan untuk umat sepanjang masa sampai hari akhir tiba.
  • dari segi bahasa, alquran tidak ada yang menandingi. bahasanya mudah dan indah, sehingga banyak orang mudah menghafalkannya. hanya satu bahasa dari alquran dari dahulu sampai sekarang.

Keagungan dan keindahan sastra Quran!

  • Quran bukan syair, bukan sajak. Syair adalah bait-bait matra (jumlah, panjang, posisi suku kata) dan sajaknya (konsonan dan vokalisasi suku terakhir) identik. Sajak adaah prosa yang kalimat dan frasenya ditandai dengan sajak diseluruh komposisinya. Quran tidak menyerupai keduanya, tetapi memanfaatkan keduanya dengan leluasa untuk mengembankan tujuannya. Karena itu kategori baru harus ditentukan untuk menggolongkan Quran di luar syair dan prosa yaitu “ Al natsr al muthlaq” (mutlak bebas dari prosa)
  • Quran tersusun dari kata dan frase yang sangat sesuai maknanya. Artikulasinya benar dan sempurna. Perubahan, bagaimanapun kecilnya , berarti perubahan yang lebih buruk. Tidak satu katapun boleh hilang, yang akan menghancurkan aliran dan makna ayat.
  • Kata-kata dan frase dalm Quran untuk satu ayat, atau satu bagian ayat, sebanding atau kontras sama sekali dengan kata dan frase ayat sebelumnya atau sesudahnya, baik dalam susunan maupun maknanya.
    Aliran kata-katanya dengan demikian melahirkan tekanan dan harapan besar, serta ketenangan dan kedamaian. Kualitas komposisi Quran ini disebut “tawazun” atau keseimbangan, dan komposisi ini berlaku dalam bentuk maupun dalam kandungan teks.
  • Kata dan frase Quran mengungkapkan makna terkaya dan terkuat dalam bentuk tersingkat.
  • Tamsil dan kiasan Quran, konjungsi dan disjungsi konsep dan petunjuknya, mengandung daya tarik. Tamsil dan kiasan ini menimbulkan imajinasi yang begitu besar kekuatannya sehingga membuatnya terengah-engah karena terguncang dan terpesona. Untuk kualitas Quran yang unik ini, ahli estetika sastra Arab menciptakan istilah “badi’”- kreatif secara sublime.
  • Gaya Quran kuat, empatik, tegas; juga lancar dan halus. Orang yang membaca Quran merasakan jatuh menimpa dirinya seperti batu karang atau dengan kelembutan yang luarbiasa. Inilah yang disebut “husn al-iqa’” (keindahan yang menimpa kesadaran).

dari berbagai sumber








.


.

loading...

Материалы по теме:

Inspirasi Terhebat Nabi Muhammad SAW Tentang Anak
  Setiap anak yang lahir terpelihara dengan aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hari ke-7 (dari kelahirannya, dicukur, dan diberi nama.(HR.Abu Dawud) Peliharalah anak-anakmu dan perbaikilah budi ...
Kitab Quran, Injil, Yesus dan Para Nabi Telah Menubuatkan Akan Datangnya Nabi Muhammad
Kepercayaan bahwa Muhammad adalah "Nabi yang telah lama ditunggu-tunggu" dinubuatkan oleh nabi-nabi Islam lainnya di dalam Alkitab adalah bagian mendasar dari teologi Islam yang ...
Nabi Muhammad Sudah Diserukan Injil Ribuan Tahun Sebelumnya
  Al-Qur'an surat Al-A'rof ayat 157-158 : الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الْأُمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوبًا عِنْدَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ ...
Inspirasi Terhebat Nabi Muhammad Tentang Silaturahmi
​ Ada dua kaki yang sangat disukai Allah, yaitu kaki yang dilangkahkan untuk menunaikan shalat fardhu dan kaki yang dilangkahkan untuk silaturrahim.(Al-Hadist) Barang siapa yang ...
Yerusalem Disebut 70 Kali Dalam Al Quran
Abdallah el-Khatib dalam artikelnya, Jerusalem in the Quran (British Journal of Middle Eastern Studies, Mei 2001) menjelaskan bahwa di dalam Alquran nama Yerusalem 70 kali disebutkan, baik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.