December 2, 2021

ISLAM ISLAMI

Islam Peace, Love, Truth and Tolerance

Malaikat Malik, Pemimpin Para Malaikat Zabaniah di Neraka. Tugas dan Bentuk Fisiknya

6 min read

Malik adalah malaikat yang memimpin para Malaikat Zabaniah di neraka. Malaikat Malik biasanya dikaitkan bersama malaikat Ridwan (penjaga surga).

Bentuk Fisik malaikat Malik

  • Setiap para malaikat ini berbicara, maka akan keluar api dari mulutnya. Tubuh malaikat Zabaniyah sendiri dari bahu ke bahu adalah setara dengan satu tahun perjalanan. Setiap dari mereka membawa rantai-rantai neraka dengan berat tidak terkira dan panas yang luar biasa.
  • Malaikat Malik mempunyai tangan dan kaki yang bilangannya sama dengan jumlah ahli neraka. Setiap kaki dan tangan itu bisa berdiri dan duduk, serta dapat membelenggu dan merantai setiap orang yang dikehendakinya. Menurut kisah, karena Malik memiliki wujudnya yang sangat menyeramkan, ketika Malik melihat kearah Neraka maka sebagian api memakan api yang lain karena rasa takutnya kepada Malik.
  • Dikatakan pula bahwa ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam naik ke Sidrat al-Muntaha, ia bertemu dengan Malik yang kemudian menunjukkan pandangan sekilas tentang penderitaan di Neraka. Sejak saat itu pula Malaikat Malik tidak pernah tersenyum. Memiliki tubuh yang sangat besar, wajahnya menampakkan kemarahan, terlihat amat menakutkan, sangat kejam, tidak kenal kompromi, di antara kedua matanya terdapat pusat saraf yang seandainya ia menatap bumi pasti orang-orang yang ada didalamnya mati tiada tersisa

Malik (ملك) dalam Bahasa Arab berarti ‘orang yg empunya’; ‘orang yg memiliki’; ‘tuan’; ‘raja’.
Sedangkan Allah memiliki julukan Malik pula, tepatnya adalah:

  • Al-Malik (المالك) – Raja segala Raja;
  • Malik al-Jabar (مالك الجبر) – Raja Yang Mahakuasa;
  • Malik al-Muluk (مالك الملك) – Penguasa segala Penguasa.
  • Penggunaan kalimat Malik terhadap pemimpin Zabaniah hampir senada dengan penggunaan Aziz dalam kisah Yusuf, hanya sebagai panggilan kehormatan atas kepemimpinan mereka.

Terdapat 19 penjaga neraka jahanam yang pemimpinya adalah Malik. Sebagaimana firman Allah tentang Neraka Saqar

“ Tahukah kamu apa Saqor itu? Saqor itu tidak meninggalkan dan membiarkan. (Neraka Saqor) adalah pembakar kulit manusia. Di atasnya ada sembilan belas (Zabaniah). Dan tiada Kami jadikan penjaga Neraka itu melainkan malaikat. (Al-Muddassir 74:27-30) ”

Malikat Malik ‘Alaihissalam mematuhi segala perintah Allah seperti dalam firman-Nya tentang permintaan penghuni Neraka kepada Malaikat Malik

“ Mereka berseru, “Hai Malik, biarlah Tuhanmu membunuh kami saja”. Dia menjawab, “kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).” (Az-Zukhruf 43:77) ”
.

Diciptakan menyeramkan dan tanpa belas kasihan

Menurut berbagai riwayat, Allah SWT menciptakan malaikat-malaikat Zabaniyah dengan rupa yang sangat mengerikan. Dalam diri Zabaniyah tidak dibuat bagian yang memiliki rasa belas kasihan sama sekali. Kekejaman mereka tidak kenal ampun, penglihatan malaikat Zabaniyah menyambar bagaikan kilat. Selain itu para malaikat ini memiliki gigi seperti tanduk sapi dan bibir menjulur hingga telapak kaki.

Malaikat Zabainah

Zabaniah (Az-Zabâniyyah) adalah nama malaikat-malaikat yang bertugas menyiksa orang-orang di neraka dalam ajaran agama Islam. Ia digambarkan dengan sosok yang sangat garang dan sadis, tidak mengenal ampun terhadap orang yang telah masuk ke dalam perut neraka. Zabaniah berjumlah 19 malaikat sebagaimana jumlah huruf basmalah dan Zabaniah dipimpin oleh Malaikat Malik.

Wujud Zabaniah

  • Penglihatan para malaikat itu bagaikan kilat yang menyambar, gigi mereka sepuh tanduk sapi, sedangkan bibir-bibir mereka menjulur sampai ke telapak kaki, kobaran api keluar dari mulut-mulut mereka, dan jarak antara kedua bahunya adalah sekitar perjalanan satu tahun. Dikatakan pula bahwa, Allah tidak menjadikan dalam hati mereka rasa belas kasihan dan lemah lembut sebesar semut kecil pun. Salah seorang dari mereka ada yang menyelam dalam lautan api neraka selama 70 tahun, tetapi api neraka itu tidak membahayakan atas dirinya karena sesungguhnya cahaya itu dapat mengalahkan api neraka.

Hadis mengenai Zabaniah

Rasulullah bersabda: Siapa yang ingin supaya Allah selamatkan dia dari penanganan Malaikat Zabaniah yang berjumlah 19 orang (malaikat penjaga neraka), maka hendaklah membaca Bismillahirrahmanirrahim, niscaya Allah buatkan untuknya, dari setiap satu huruf itu sebuah surga.

Perbedaan pendapat tentang Zabaniah

Istilah Zabaniah dalam surah al-Alaq ayat 18 memang sebagian besar ditafsirkan sebagai nama diri dari malaikat yang diancamkan Allah bagi mereka yang menghalangi seseorang melakukan salat. Akan tetapi, A. Hassan dalam Tafsir al-Furqannya menerjemahkan istilah Zabaniah pada ayat tersebut sebagai Tentara Tuhan yang gagah

Siksaan pedih Zabaniyah

  • Malaikat Allah yang satu ini sangat mengerikan, dengan satu tangan Zabaniyah dapat melempar 10.000 orang kafir masuk dalam neraka. Zabaniyah pun juga menggunakan kaki-kakinya untuk menceburkan para ahli neraka. Setiap satu kali lemparan, Zabaniyah menggunakan kaki dan tangannya sehingga 40.000 orang kafir akan masuk ke dalam neraka. Di dalam sana mereka dibakar hingga menjadi luluh dan kemudian lahir kembali. Para ahli neraka ini merasakan akan merasakan panas abadi untuk selama-lamanya.
  • Namun saat malaikat Zabaniyah melempar para muslim yang berdosa, api tidak mau menyambar tubuh mereka. Adanya kalimat tauhid membuat orang-orang ini tidak tersentuh neraka. Namun karena mereka masih mempunyai dosa, atas perintah Allah SWT, malaikat Malik memerintahkan api neraka membakar kaum muslim yang berdosa itu untuk menyucikan kesalahan yang mereka perbuat. Api neraka diharamkan membakar bagian wajah dan hati karena dengan di sana tempatnya tauhid dan wujud keimanan semasa dunia.
  • Bukan hanya itu, bahkan saking panasnya kerikil neraka itu hingga meledakkan kepala hingga bagian otak bercecer ke mana-mana. Itulah siksaan pedih dari malaikat Zabaniyah pada penghuni alam barzah. Karena pada dasarnya alam kubur merupakan lubang kecil di kehidupan akhirat kelak.

Zabaniyah naik ke alam kubur

  • Malaikat penyiksa ini juga sempat naik ke alam barzah atas perintah Allah. Bagi para orang tua sudah meninggal namun memiliki anak yang berzina atau bersentuhan bukan muhrim, malaikat Zabaniyah naik dari neraka membawa batu kerikil yang telah dipanaskan puluhan tahun di Jahanam. Batu itu kemudian digenggamkan pada para orang tua tersebut hingga tangannya hancur.

Kematian iblis dan rantai Zabaniyah

  • Iblis merupakan makhluk yang ditangguhkan kematiannya oleh Allah SWT. Tapi akhir hayat iblis adalah yang paling pahit. Saat akhir dunia kelak, Allah memerintahkan malaikat maut dan para malaikat Zabaniyah untuk mencabut nyawa iblis. Turunlah mereka dengan 70.000 malaikat bersama rantai-rantai dari neraka. Iblis ketakutan karena para malaikat ini memiliki rupa yang paling mengerikan di alam semesta. Dia lari mengitari dunia menghindari malaikat maut dan Zabaniyah.
  • Kemudian Iblis berhenti di kuburan Nabi Adam AS dan Siti Hawa. Namun Iblis telah terbelenggu oleh rantai-rantai neraka malaikat Zabaniyah. Kemudian 70.000 malaikat mengerikan serta malaikat maut melemparkan bola-bola api panas neraka ladha. Bumi membara bagaikan api saking banyaknya batu neraka yang dilempar dan begitulah sakaratul maut dari iblis laknat. Dan di neraka, iblis akan mendapatkan siksa berlipat-lipat atas penyesatan yang dia lakukan.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.islamislami.com Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.