ISLAM ISLAMI

ShALAT SESUAI TUNTUNAN RASULULLAH: CARA MELURUSKAN SHAF

وَ افَ أَ دُ ا ػلُْلِؽُ مَنْكِبَوُ بَِِنْكِبِ . ( أَقِيمُوا صُفُوفَكُمْ فَ دِّ نِّ أَرَا مْ مِنْ وَرَاءِ ظَ ى ) عَنْ أَ سٍ عَنِ النلَّا دِِّ بِ – صلى الله عليو وسلم – قَاؿَ صَا بِوِ وَقَدَمَوُ بِ دَمِوِ .

Dari Anas, dari Rasulullah Saw, beliau bersabda: “Luruskanlah shaf (barisan) kamu, sesungguhnya aku melihat kamu dari belakang pundakku”. Salah seorang kami merapatkan bahunya dengan bahu sahabatnya, kakinya dengan kaki sahabatnya”. (HR. al-Bukhari).

Rapat dan putusnya shaf bukan hanya sekedar barisan shalat, akan tetapi kaitannya dengan hubungan kepada Allah Swt, karena Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ وَصَلَ صَفًّا وَصَلَوُ الللَّاوُ وَمَنْ قَطَعَ صَفًّا قَطَعَوُ الللَّاوُ عَلَّال وَجَ لَّا ل

“Siapa yang menyambung shaf, maka Allah Swt menyambung hubungan dengannya dan siapa yang memutuskan Shaff, maka Allah memutuskan hubungan dengannya”. (HR. Abu Daud, an-Nasa’i, Ahmad dan al-Hakim).

Shaf juga berkaitan dengan hati orang-orang yang akan melaksanakan shalat, Rasulullah Saw bersabda:

عَنِ الْبَػ اءِ بْنِ عَازِبٍ قَاؿَ افَ رَسُوؿُ الللَّاوِ -صلى الله عليو وسلم- ػتََخَللَّالُ ال لَّا ص لَّا ف مِنْ ا يَةٍ إِلَذ ا يَةٍ يََْسَحُ صُدُورَ ا وَمَنَا بَػنَا وَ ػ وؿُ .( إِ لَّا ف الللَّاوَ وَمَلاَئِكَتَوُ صَلُّوفَ عَلَى الصُّفُوؼِ الأُوَؿِ ( وَ افَ ػ وؿُ .) لاَ تَخْتَلِفُوا فَػتَخْتَلِفَ قُػلُوبُكُمْ )

Dari al-Barra’ bin ‘Azib, ia berkata: “Rasulullah Saw memeriksa celah-celah shaf dari satu sisi ke sisi lain, Rasulullah Saw mengusap dada dan bahu kami seraya berkata: “Jangan sampai tidak lurus, menyebabkan hati kamu berselisih”. Kemudian Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat bershalawat untuk shaf-shaf terdepan”. (HR. Abu Daud). Makna shalawat dari Allah Swt adalah limpahan rahmat dan ridha-Nya. Makna shalawat dari malaikat adalah permohonan ampunan.

2 Imam an-Nawawi, Syarh an-Nawawi ‘ala Shahih Muslim: 4/161.

3 Yusuf al-Qaradhawi, Fatawa Mu’ashirah, 1/318.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *