Tadabbur Surah Ibrahim Ayat 43-52

Tadabbur Surah Ibrahim Ayat 43-52

Ayat 43 – 51 meneruskan ayat 42 terkait azab yang akan menimpa orang-orang zalim dan musyrik di hari kiamat nanti. Mereka tergesa-gesa sambil menengadah sedangkan pikiran mereka kosong. Saat itu mereka berkata: Ya Allah, tangguhkanlah azab ini barang sejenak sehingga kami menerima seruan-Mu dan mengikuti rasul-rasul-Mu. Lalu Allah berkata: Bukankah saat di dunia kalian bersumpah tidak akan binasa? Kalian mendiami negeri yang telah musnah penduduknya sebelum kalian. Namun kalian tidak juga dapat mengambil pelajaran.

Kaum-kaum yang telah binasakan itu telah membuat makar untuk menghadang azab dan siksaan Allah, namun tidak bermanfaat kendati makar mereka sangat besar seakan mampu memusnahkan gunung-gunung. Sebab itu, jangan mengira Allah akan ingkar janji yang dijanjikan kepada para Rasul-Nya. Sungguh Allah itu Maha Perkasa dan dahsyat pembalasan-Nya.

Pada saat pergantian bumi dan langit dunia menjadi bumi dan langit akhirat, yakni di padang mashyar, semua manusia tampil di hadapan Allah yang Maha Esa lagi Perkasa. Pada hari itu, Nabi Muhammad Saw. akan melihat orang-orang yang membangkang dan kafir kepada-Nya sedang dibelenggu bersama-sama. Pakaian mereka dari kuningan yang dipanaskan api neraka dan wajah mereka dibakar api neraka. Azab yang mereka rasakan itu adalah balasan yang setimpal dari kejahatan dan kekufuran yang mereka lakukan saat hidup di dunia. Sungguh Allah itu amat cepat siksaan-Nya.

Ayat 52 menjelaskan fungsi al-Qur’an, yaitu penjelasan, peringatan dan sumber ilmu bagi manusia terkait menauhidkan (mengesakan) Allah. Hanya ulul albab yang dapat menjadikannya pelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.