Inilah Sebab Kesalahan Diampuni Allah dan Mendapat Kemuliaan Dunia

Setelah berwudlu dan berjalan menuju masjid untuk menunaikan kewajiban seperti shalat lima waktu, shalat Jum’at maupun hal lain, maka Allah akan mengampuni dosa yang ia lakukan dan akan mengangkat derajatnya di dunia dan akhirat.

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW:

وعن أبي هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: “من تطهر في بيته، ثم مضى إلى بيت من بيوت الله، ليقضي فريضة من فرائض الله، كانت خطواته، إحداها تحط خطيئة، والأخرى ترفع درجة” رواه مسلم
Artinya:
”Diriwayatkan dari Abi Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘Barangsiapa bersuci di rumah kemudian menuju ke tempat ibadah untuk menunaikan kewajiban, maka langkahnya akan mendapatkan dua keistimewaan. Pertama, kesalahannya akan diampuni oleh Allah. Kedua,akan mendapatkan derajat yang mulia. (HR. Muslim).

Menurut Sulthan Ulama’ dalam Qawaid al-Ahkam, hadis ini menjelaskan tentang wasilah atau perantaraan agar manusia mendapatkan ampunan, salah satunya dengan membersihkan diri saat hendak beribadah kepada Allah.

Dalam kitab Dalilul Falihin dijelaskan bahwa kriteria dosa yang diampuni adalah dosa kecil. Sedangkan dosa besar akan diampuni dengan melakukan taubat yang benar. Maka dari itu, berbuat baiklah karena Allah akan membalas kebaikanmu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.