Shalat Wudlu, Hukum dan Dan Dalilnya

Hukum Shalat Wudhu
Shalat wudhu merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Hukum Shalat Wudhu adalah Sunnah, Shalat ini dilaksanakan sesaat setelah kita melakukan wudhu dan sebelum air wudhu mengering dari anggota wudhu. Kesunnahan shalat wudhu ini berdasarkan sabda Nabi Saw. berikut :

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهُ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ مُقْبِلٌ عَلَيْهِمَا بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

“Tidaklah seorang muslim berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, kemudian mendirikan shalat dua rakaat dengan menghadapkan hati dan wajahnya, kecuali surga wajib diberikan kepadanya.” (HR. Muslim).
Berdasarkan hadis ini, para ulama menganjurkan shalat wudhu. Shalat wudhu boleh dilakukan kapan saja, siang maupun malam, dengan syarat didahului wudhu terlebih dulu. Bahkan menurut ulama Syafi’iyah, shalat wudhu boleh dilakukan di waktu-waktu terlarang shalat. Hal ini karena shalat wudhu termasuk shalat yang mempunyai sebab, sedangkan larangan shalat pada waktu-waktu terlarang shalat hanya berlaku untuk shalat yang tidak mempunyai sebab tertentu.

Waktu Pelaksanaan Shalat Wudhu

Waktu pelaksanaan Sholat Sunnah Wudhu yaitu setiap selesai mengerjakan wudhu yang sempurna , lalu membaca do’a setelah wudhu baru dilanjutkan mengerjakan shalat wudhu
Apabila jarak antara wudhu dan shalat sudah terlalu lama maka tidak disunnahkan lagi untuk mengerjakan shalat sunnah wudhu .
Adapun batas waktu nya ada beberapa pendapat yaitu :
pendapat ulama yang pertama mengatakan batas dari keduanya yaitu selama belum kering air wudhunya .
Pendapat ulama yang kedua mengatakan bahwa selama belum batal wudhunya .
pendapat ulama yang ke tiga mengatakan bahwa selama belum berpaling dari shalat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.