Shalat Witir: Tata Cara dan Hukumnya

Shalat witir adalah shalat yang dikerjakan pada malam hari yang rakaatnya ganjil. Hal ini sesuai dengan makna yang terkandung dalam kata “witri” yaitu “ganjil” . Jumlah rakaatnya boleh 1 raka’at, 3 rakaat , 5 raka’at, 7 rakaat, 9 rakaat, atau 11 rakaat. Jadi paling sedikit 1 rakaat dan paling banyak 11 rakaat.
Hukum Shalat Sunat Witir
Hukum shalat witir adalah sunat mu’akkad. Shalat witir ini sangat dianjurkan untuk dikerjakan setiap malam sebelum tidur (setelah shalat isya) atau setelah shalat tahajud, walaupun hanya 1 rakaat. Jadi shalat witir ini tidak hanya dikerjakan pada bulan Ramadhan (setelah shalat tarawih). Shalat witir dikerjakan sendiri-sendiri(tidak berjamaah),kecuali pada bulan Ramadhan.

Waktu dan Cara Pelaksanaan Shalat Witir

Waktu Pelaksanaan Shalat Sunat Witir

Waktu pelaksanaannya adalah setelah shalat isya sampai terbitnya fajar shadiq (masuk waktu subuh). Sedangkan pada bulan Ramadhan waktunya setelah shalat tarawih. Jadi shalat witir boleh dikerjakan di awal malam (setelah shalat isya), tetapi yang paling pertama di akhir malam. Karena shalat diakhir malam disaksikan oleh malaikat.

Seorang yang telah mengerjakan shalat witir sebelum tidur , ketika telah bangun dari tidur, ketika telah bangun dari tidur boleh mengerjakan shalat tahjud,atau shalat sunat lainya.Khusus shalat witir yang dikerjakan pada bulan Ramadhan (mulai dari pertengahan sampai akhir Ramadhan) , disunatkan membaca do’a kunut yang tepatnya pada raka’at terakhir sebelum sujud.

Cara Mengerjakan Shalat Sunat Witir

Cara mengerjakan shalat witir sama dengan cara mengerjakan shalat fardlu. Perbedaannya hanya pada niat . shalat witir jika lebih dari 1 raka’at (3,5,7,9 atau 11), sebaiknya dikerjakan 2 raka’at 2 raka’at (setiap 2 raka’at satu kali salam). Sedangkan yang terakhir boleh 3 raka’at satu kali salam, boleh pula satu raka’at.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.