Taddabur Quran Al Kafirun, An Nashr dan Al Masad

Tadabbur Surah Al-Kafirun Ayat 1-6

Ayat 1-6 surah Al-Kafirun menjelaskan prinsip toleransi dengan orang-orang kafir. Dalam masalah ibadah, apa pun bentuk dan bobotnya, tidak ada tolerasnsi, karena Islam memiliki sistem ibadah yang telah ditentukan Allah berlandaskan tauhid, sedangkan kaum kafir berdasarkan kekufuran dan kemusyrikan.

Tadabbur Surah An-Nashr Ayat 1-3

Ayat 1-3 surah An-Nashr menjelaskan saat terjadi kemenangan besar Rasulullah Saw. dan para sahabatnya dan penaklukan kota Mekah (Fathu Makkah) pada tahun ke 8 Hijrah, masyarakat Mekah dan sekitarnya masuk Islam dengan berbondong-bondong. Allah perintahkan umat Islam menyambut kemenangan dan penaklukan besar tersebut dengan bertasbih, memuji Allah dan meminta ampunan-Nya sebagai tanda syukur kepada nikmat-Nya.

Tadabbur Surah Al-Masad Ayat 1-5

Ayat 1-5 surah Al-Masad menjelaskan, Allah menetapkan kebinasaan pada Abu Lahab karena sangat memusuhi dakwah tauhid Rasulullah Saw. Harta dan upaya yang dilakukannya tidak akan bermanfaat baginya dan tidak akan bisa menolongnya sediktpun dari azab Allah. Ia akan masuk neraka yang apinya menyala-nyala di akhirat kelak. Istrinya yang ikut memusuhi Rasulullah Saw. dan dakwah Beliau juga akan bernasib sama. Kisah Abu Lahab ini pelajaran bagi kita bahwa setiap orang yang memusuhi Islam dengan keras, akan mendapatkan sisksaan Allah di dunia dan di akhirat dengan siksa yang lebih keras lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.