Benarkah Saat Ini Pemeluk Islam Terbanyak di Dunia ?

    • Saat ini diperkirakan terdapat antara 1.250 juta hingga 1,4 miliar umat Muslim yang tersebar di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut sekitar 18% hidup di negara-negara Arab, 20% di Afrika, 20% di Asia Tenggara, 30% di Asia Selatan yakni Pakistan, Indiadan Bangladesh. Populasi Muslim terbesar dalam satu negara dapat dijumpai di Indonesia. Populasi Muslim juga dapat ditemukan dalam jumlah yang signifikan di Republik Rakyat Tiongkok, Amerika Serikat, Eropa, Asia Tengah, dan Rusia.
    • Pada laporan  yang berjudul “Masa Depan Populasi Muslim Global” itu dikatakan bahwa 20 tahun yang lalu jumlah pemeluk agama Islam di dunia mencapai 1,1 miliar jiwa. Dalam 20 tahun kedepan, angka itu akan meningkat hingga dua kali lipatnya, menjadi seperempat dari jumlah manusia di dunia.
    • Saat ini diperkirakan terdapat antara 1.250 juta hingga 1,4 miliar umat Muslim yang tersebar di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut sekitar 18% hidup di negara-negara Arab, 20% di Afrika, 20% di Asia Tenggara, 30% di Asia Selatan yakni Pakistan, Indiadan Bangladesh. Populasi Muslim terbesar dalam satu negara dapat dijumpai di Indonesia. Populasi Muslim juga dapat ditemukan dalam jumlah yang signifikan di Republik Rakyat Tiongkok, Amerika Serikat, Eropa, Asia Tengah, dan Rusia.
    •  Pew Research Center memperkirakan bahwa ada sekitar 3,3 juta Muslim dari segala usia yang tinggal di Amerika Serikat pada 2015. Ini berarti bahwa umat Islam terdiri sekitar 1% dari total penduduk AS (sekitar 322 juta orang pada tahun 2015), dan kami memperkirakan bahwa share akan berlipat ganda pada tahun 2050. Perkiraan baru jumlah war Muslim dan agama lain didasarkan pada proyeksi demografis bahwa pertumbuhan model dalam populasi Muslim Amerika sejak perkiraan kami 2011 dan meliputi baik orang dewasa dan anak-anak. proyeksi menggunakan data usia, fertilitas, mortalitas, migrasi dan switching agama yang diambil dari berbagai sumber, termasuk 2.011 survei Muslim Amerika. Menurut perkiraan saat ini, ada lebih sedikit Muslim dari segala usia di AS daripada ada orang-orang Yahudi oleh agama (5,7 juta), tetapi lebih dari ada orang Hindu (2,1 juta) dan lebih banyak dari ada Sikh. Di beberapa kota Muslim terdiri signifikan lebih dari 1% dari masyarakat. Dan bahkan pada umat Islam tingkat negara tidak merata: negara tertentu, seperti New Jersey, memiliki dua atau tiga kali lebih banyak orang dewasa Muslim per kapita rata-rata nasional. Debat politik baru-baru ini di AS lebih dari imigrasi Muslim dan isu-isu terkait telah mendorong banyak bertanya berapa banyak umat Islam benar-benar tinggal di Amerika Serikat. Tapi datang dengan jawaban tidak mudah, sebagian karena AS Biro Sensus tidak bertanya tentang agama, yang berarti bahwa tidak ada hitungan resmi pemerintah dari penduduk AS Muslim. Sejak estimasi pertama  ukuran populasi Muslim Amerika pada tahun 2007, kita telah melihat pertumbuhan yang stabil di kedua jumlah Muslim di AS dan persentase penduduk AS yang Muslim. Selain itu, proyeksi penduduk AS Muslim akan tumbuh lebih cepat daripada populasi Hindu dan jauh lebih cepat daripada populasi Yahudi di dekade mendatang. Memang, bahkan sebelum 2040, Muslim diproyeksikan untuk menjadi kelompok agama terbesar kedua di AS, setelah Kristen. Pada tahun 2050, populasi Muslim Amerika diproyeksikan mencapai 8,1 juta orang, atau 2,1% dari total penduduk. Lebih dari setengah dari proyeksi pertumbuhan penduduk Muslim Amerika 2010-2015 adalah karena imigrasi. Selama 20 tahun terakhir, telah terjadi peningkatan jumlah imigran Muslim yang datang ke AS Jumlah imigran Muslim saat ini mewakili sekitar 10% dari semua imigran legal tiba di AS, dan persentase signifikan lebih kecil dari imigran tidak sah.

Penyebab utama lain dari pertumbuhan baru-baru Islam adalah peningkatan alami. Muslim Amerika cenderung memiliki lebih banyak anak daripada orang Amerika dari agama-agama lain. Muslim juga cenderung lebih muda dari masyarakat umum, sehingga bagian yang lebih besar dari umat Islam akan segera berada di titik dalam hidup mereka ketika orang-orang mulai memiliki anak.

Ada sedikit perubahan bersih dalam ukuran populasi Muslim Amerika dalam beberapa tahun terakhir karena konversi. Sekitar satu-di-lima orang dewasa Muslim Amerika yang dibesarkan dalam iman atau tidak berbeda sama sekali. Pada saat yang sama, jumlah yang sama dari orang yang dibesarkan Muslim tidak lagi mengidentifikasi dengan iman. Sekitar sebagai banyak orang Amerika menjadi Muslim meninggalkan Islam

  • Jumlah penduduk dunia  tahun 2013 adalah 7.021.836.029. Sebaran menurut agama adalah: Islam 22.43%, Kristen Katolik 16.83%, Kristen Protestan 6.08%, Orthodok 4.03%, Anglikan 1.26%, Hindu 13.78%, Buddhist 7.13%, Sikh 0.36%, Jewish 0.21%, Baha’i 0.11%, Lainnya 11.17%, Non Agama 9.42%, dan Atheists 2.04% (www.30 days.net).
  • Bahkan dikatakan bahwa jumlah pemeluk Islam pada 2012 adalah 2.1 milyar. Sedangkan jumlah pemeluk Kristen dan Protestan adalah 2 milyar . Sehingga Islam saat ini, kendati dibandingkan dengan pemeluk Kristen dan Protestan sekalipun, sudah menjadi agama terbesar di dunia (www.religiouspopulation). Subhanallah.
  • Penduduk dunia tahun 2011 tumbuh 137% dalam satu dekade terakhir, di mana Kristen tumbuh sebanyak hanya 46%, sebaliknya, Islam tumbuh sebanyak 5 kali lipatnya: 235%. (The Almanac Book of Facts, 2011). Dikatakan, bila tren pertumbuhan ini terus berlangsung, diperkirakan pada tahun 2030, 1 dari 3 penduduk dunia adalah orang Islam. (www.muslimpopulation.com).
  • Dilihat per benua, menurut data UN (2012), sejak tahun 1989 sampai tahun 2012, perkembangan jumlah pemeluk agama Islam yang paling cepat terjadi di Australia dan Oceania/Pacific 257.01%; kemudian berturut-turut diikuti oleh Eropa 142.35%; Amerika 25%; Asia 12.57%; Afrika 2.15%; dan Amerika Latin 4.73% (www.30-days.net).
  • Menurut The Almanac Book of Facts tahun 2011, dalam sepuluh tahun terakhir, penduduk dunia bertambah sebanyak 137%. Di mana pemeluk agama Kristen bertambah sebanyak 46%. Sedangkan pemeluk agama Islam bertambah sebanyak 235% (www.geocities.com).
  • Sehingga disimpulkan bahwa Islam adalah agama dengan pertumbuhan pemeluk yang tertinggi di dunia, setiap tahunnya. Antara 1990 sampai 2000, diperkiraan sekitar 12.5 juta orang dari berbagai agama, pindah ke agama Islam. (Guinness Book of World Records,2011).
  • Perkembangan Islam yang sangat cepat ini disebabkan oleh dua faktor penting. Pertama, oleh tingkat kelahiran (fertility rate) yang tinggi di negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim.
  • Kedua, oleh jumlah orang-orang yang pindah (conversion) dari agama lain ke agama Islam yang juga tinggi, terutama di Amerika, Eropa dan Australia dalam 20 tahun terakhir (The Almanac Book of Facts, 2011).
  • Menurut hasil poll (2012) di Amerika, diketahui sekitar 200.000 orang setiap tahunnya pindah dari agama Kristen ke agama Islam. (www.usislam.org)
  • Sebuah studi oleh Faith Matters (2011) di Inggris, diketahui bahwa dalam 10 tahun terakhir, diperkirakan jumlah orang Inggris yang pindah dari agama lain (Kristen) menjadi pemeluk agama Islam adalah sebanyak 5.000 orang setiap tahun (http://insideislam.wisc.edu).
  • Terkait dengan perkembangan Islam yang cepat ini, menurut CNN, pemeluk Kristen semakin tidak meyakini kebenaran ajaran agama mereka. Sebaliknya pemeluk Islam, keyakinan terhadap kebenaran agama mereka semakin meningkat.
  • Di Indonesia tidak diketahui dengan pasti jumlah semua muallaf. Namun pemeluk agama lain yang pindah ke agama Islam merupakan fenomena sosial yang nyata dan trennya terus meningkat. Diperkirakan setiap tahun muallaf bertambah 10 sampai 15% (Syafii Antohio).
  • Sebagai contoh, dari sekian banyak muallaf di Indonesia, 7 orang terkenal yang sudah pindah ke agama Islam adalah: Sandrina Malakiano, Marini, Chicha Koeswoyo, Syafii Antonio, Bob Hasan, W. S. Rendra, dan El Manik. Di dunia, 7 orang di antara jutaan muallaf yang namanya relatif dikenal adalah: Yusuf Islam (Penyanyi Inggris), Muhammad Ali (petintu Amerika), Yusuf Estes (Penghotbah Kristen, Amerika), Murad Hofmann (Diplomat, Jerman), Muhammad Assad (Wartawan Internasional, Austria), Selma A. Cook (Penulis, Australia), dan Jeffery lang (Profesor matimatika, Amerika). Tingginya jumlah orang yang menjadi muallaf, memfasilitasi berkembangnya Islam menjadi lebih pesat lagi. Di Jeman, pernah terjadi sebanyak 1.250 orang non-Muslim yang menghadiri dakwah muallaf Amerika, Yusuf Estes, mengambil keputusan untuk menjadi Muslim dan bersyahadat langsung dihadapan beliau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.