30 Keutamaan Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

30 Keutamaan Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah yang dinanti umat muslim seluruh dunia.Tak luput rasa gembira turut menyertai datangnya bulan suci ramadhan.Karena didalam bulan suci ramadhan umat muslim wajib menjalankan puasa selama 1 bulan penuh.Tak kalah penting dari itu, selama bulan suci ini pun umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat tarawih.

Sholat tarawih hukumnya Sunnah Muakad dan bisa dilaksanakan sendirian atau berjamaah. Pada umumnya, sholat tarawih dilaksanakan dengan rakaat sebanyak 20 rakaat ditambah 3 rakaat sholat witir dan dilaksanakan pada waktu setelah sholat Isya’.

Sholat tarawih juga membawa banyak sekali kemanfaatan.Dilihat dari segi kesehatan, sholat tarawih bisa dianggap sebagai olah raga ringan yang dilakukan malam hari karena pagi harinya orang yang menjalankan ibadah puasa pada umumnya mengurangi aktifitasnya, sehingga orang yang melakukan sholat tarawih pada malam hari tubuhnya tetap fit dan segar bugar meskipun dalam keadaan berpuasa.

Disisi lain, sholat tarawih juga memiliki keutamaan yang sangat mulia, didalam setiap malam sholat tarawih yang dilaksanakan memiliki masing-masing keutamaan yang berbeda dari malam-malam sebelumnya.

30 keutamaan sholat tarawih :

  1. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -1: Dosa-berinya pahala seperti orang yangshalat di Masjidil Haram, Masjid Madinah, dan Masjid Aqsha.
  2. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -2: Dirinya diampuni juga (dosa) kedua orang tuannya jika keduanya beriman.
  3. HIKMAH TARAWIH MALAM ke 3: Malaikat memanggil dari bawah ‘Arsy: Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang lalu!’
  4. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -4: Baginya pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur dan Al Furqan (Al Qur’an).
  5. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -5: Allah memberinya pahala seperti orang yangshalat di Masjidil Haram, Masjid Madinah, dan Masjid Aqsha.

  6. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -6 Allah memberinya pahala seperti orang yang melakukan thawaf mengelilingi Baitul Makmur
  7. HIKMAH TARAWIH MALAM ke 07:Seakan-akan dia bertemu Musa as dan kemenangannya atas firaun dan Haman. Seakan-akan dia bertemu Musa as dan kemenangannya atas firaun dan Haman.
  8. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -8:Allah memberikan kepadanya seperti apa yang telah diberikan-Nya kepada Ibrahim ‘Alaihis Salam.Allah memberikan kepadanya seperti apa yang telah berikan-Nya kepada Ibrahim ‘Alaihis Salam.
  9. HIKMAH TARAWIH MALAM ke-9 :Seakan-akan dia beribadah kepada Allah seperti ibadahnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Seakan-akan dia beribadah kepada Allah seperti ibadahnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
  10. HIKMAH TARAWIH MALAM ke-10:Allah memberikan rezeki kepadanya kebaikan dunia dan akhirat.Allah memberikan rezeki kepadanya kebaikan dunia dan akhirat.
  11. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -11:Dirinya keluar dari dunia seperti hari kelahirannya dari rahim ibunya. Dirinya keluar dari dunia seperti hari kelahirannya dari rahim ibunya.
  12. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -12:Pada hari kiamat dirinya akan dating seperti bulan di malam purnama. Pada hari kiamat dirinya akan dating seperti bulan di malam purnama.
  13. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -13:Pada hari kiamat dia akan datang dengan keamanan dari segala keburukan. Pada hari kiamat dia akan datang dengan keamanan dari segala keburukan.
  14. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -14:Malaikat datang untuk menyaksikannya shalat taraweh dan kelak Allah tidak akan menghisabnyapada hari kiamat. Malaikat datang untuk menyaksikannya shalat taraweh dan kelak Allah tidak akan menghisabnyapada hari kiamat.
  15. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -15:Para malaikat dan para malaikat pembawa Arsy dan kursi bershalawat kepadanya. Para malaikat dan para malaikat pembawa Arsy dan kursi bershalawat kepadanya.
  16. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -16:Allah Subhanahu wa Ta’ala menetapkan baginya kebebasan dari api neraka dan dimasukan ke surga.Allah Subhanahu wa Ta’ala menetapkan baginya kebebasan dari api neraka dan dimasukan ke surga.
  17. HIKMAH T ARAWIH MALAM ke -17:Diberikan pahala seperti pahala para Nabi. Diberikan pahala seperti pahala para Nabi.
  18. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -18:Para malaikat memanggil, ‘Wahai Abdullah, sesungguhnya Allah telah meridhaimu dan meridhai kedua orang tuamu.’ Para malaikat memanggil, ‘Wahai Abdullah, sesungguhnya Allah telah meridhaimu dan meridhai kedua orang tuamu.’
  19. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -19:Allah mengangkat derajatnya di surge Firdaus. Allah mengangkat derajatnya di surge Firdaus.
  20. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -20:Dia diberikan pahala para syuhada dan orang-orang shaleh. Dia diberikan pahala para syuhada dan orang-orang shaleh.
  21. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -21:Allah membangunkan baginya sebuah rumah dari cahaya di surga. Allah membangunkan baginya sebuah rumah dari cahaya di surga.
  22. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -22Pada hari kiamat ia akan datang dengan rasa aman dari semua kesulitan dan kecemasan. Pada hari kiamat ia akan datang dengan rasa aman dari semua kesulitan dan kecemasan.
  23. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -23:Allah membangun baginya sebuah kota di surga. Allah membangun baginya sebuah kota di surga.
  24. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -24:Dikatakan kepadanya, ‘Ada 24 doa yang dikabulkan.’ Dikatakan kepadanya, ‘Ada 24 doa yang dikabulkan.’
  25. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -25:Allah mengangkat siksa kubur darinya. Allah mengangkat siksa kubur darinya.
  26. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -26:Allah mengangkatnya seperti pahala 40 ulama. Allah mengangkatnya seperti pahala 40 ulama.
  27. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -27:Pada hari kiamat ia akan melintasi Shirathul Mustaqim bagai kilat yang menyambar. Pada hari kiamat ia akan melintasi Shirathul Mustaqim bagai kilat yang menyambar
  28. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -28:Allah mengangkatnya 1000 derajat di surga. Allah mengangkatnya 1000 derajat di surga.
  29. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -29:Allah memberikan ganjaran baginya 1000 hujjah (argumentasi) yang dapat diterima. Allah memberikan ganjaran baginya 1000 hujjah (argumentasi) yang dapat diterima.
  30. HIKMAH TARAWIH MALAM ke -30 :SWT berfirman : Hai Hambaku, makanlah buah-buahan di dalam surga dan mandilah engkau dengan air Salsabil dan minumlah dari telaga kautsar, Aku tuhanmu dan engkau hamba-Ku. SWT berfirman : Hai Hambaku, makanlah buah-buahan di dalam surga dan mandilah engkau dengan air Salsabil dan minumlah dari telaga kautsar, Aku tuhanmu dan engkau hamba-Ku.

Sumber

  • Teladan Nabi muhammad S.A.W yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Tholib yang di kutib dari kitab Durrotun Nasihin (kitab kuning).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.