10 Langkah Penuh Pahala di Bulan Ramadhan

  1. Shalat tarawih pada malam hari dan shalat dhuha pada pagi hari.
  2. Rutin membaca Alquran hingga khatam satu setiap hari. Dengan begitu, dalam 30 hari Ramadhan, Alquran 30 juz dapat diselesaikan.
  3. Selalu shalat lima waktu secara berjamaah.
  4. Rutin melakukan shalat sunah rawatib yakni sebelum dan sesudah shalat wajib lima waktu.
  5. Terkait ibadah sosial. Misalnya, mulai dari berbagi senyum kepada rekan-rekan kerja dan di rumah hingga berbuat baik kepada sesama.
  6. Rutin bersedekah setiap hari. Dalam hal ini, Naba Aji menyarankan agar seorang Muslim selalu menyiapkan uang untuk bersedekah setiap hari di bulan Ramadhan.
  7. Shalat tarawih di masjid.
  8. Memberi makan orang-orang yang berbuka puasa. Program sedekah khusus ini dapat berbagai cara. Misalnya, menyiapkan beberapa bungkus makanan sebelum maghrib tiba. Kemudian, paket-paket makanan itu dibagikan kepada orang-orang yang hendak berbuka puasa di masjid-masjid. Kalaupun paket tak bisa disiapkan, sebagai gantinya bisa berupa uang ke panitia buka puasa bersama setempat. “Misalnya untuk sepekan, uang untuk satu kali makan dikali sepekan. Jadi, selama sepekan, niat kita sudah terpenuhi untuk memberi makan orang-orang yang berbuka puasa,” jelasnya.
  9. Membagi-bagikan Alquran. Menurut Naba, mushaf Alquran dapat disedekahkan ke masjid-masjid. Di sana, Alquran biasanya diletakkan tanpa orang lain tahu. Kegiatan membagikan mushaf Alquran ini bisa dilakukan selang beberapa hari.
  10. Rutin membaca amalan doa dan surah-surah pendek Alquran sebelum tidur. Bacaan itu termasuk surah an-Nas, al-Falaq, al-Ikhlas, al-Qalam, dan ayat Kursiy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.