Jabal Abu Qubais Arab, Gunung Pertama Di Dunia Yang Diciptakan Allah

Jabal Abu Qubais Arab, Gunung Pertama Di Dunia Yang Diciptakan Allah

Jabal Abu Qubais Arab (Gunung Abu Qubais) adalah sebuah gunung yang berlokasi di kota Mekkah, Arab Saudi. Lokasi gunung ini berada di sebelah timur Masjidil Haram. Tempat ini dipercaya oleh ummat muslim sebagai gunung pertama di muka bumi yang diciptakan oleh Allah.Gunung yang pertama diciptakan Allah SWT di muka bumi ini, dalam sabdanya: Sesungguhnya gunung pertama yang diciptakan Allah SWT adalah gunung Abi Qubais. (HR Baihaqi).

Kehebatan dan Keunikan Gunung Jabal Abu Qubaiz Arab adalah:

  • Merupakan gunung pertama di muka bumi
  • Merupakan gunung dimana diatasnya terdapat bangunan Ka’bah dan Masjidil Haram, dua tempat paling suci bagi umat Islam.
  • Merupakan tempat dimana Nabi Muhammad berdiri untuk membelah bulan yang merupakan bentuk dari mukjizat Nabi Muhammad

Jabal Abu Qubais

  • Titik tertinggi
  • Ketinggian 420 m (1.380 ft)
  • Koordinat : 21/25/20/N/39/49/47/E

Banyak situs bersejarah yang berlokasi di dekat Masjidil Haram, salah satunya adalah Gunung Abi Qubais. Abi Qubais adalah sebuah gunung bukit yang letaknya sangat berdekatan dengan Masjidil Haram, letaknya searah dengan letak Hajar aswad, berdekatan dengan Bukit Shafa. Dahulu ketinggian gunung tersebut kira-kira 420 meter. Dengan berbagai penataan tata letak, Masjidil Haram saat ini sudah banyak dipugar. Gunung Abi Qubais menjadi saksi sejarah dalam beberapa kejadian perjalanan Rasulullah SAW. Apa saja kejadian tersebut?

Tatkala Rasulullah SAW berdakwah, beliau naik ke gunung ini dan membacakan firman man Allah SWT: Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kali, dan mengendarai unta yang kurus, yang datang dari segenap penjuru yang jauh. ” (QS 22:27).

Menjadi lokasi dalam pembuktian salah satu mukjizat Rasulullah SAW, yaitu terbelahnya bulan, dalam firman-Nya: “Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.” (QS 54:1). Kafir Quraisy telah meminta kepada Nabi sAW untuk membuktikan kenabiannya agar beliau membelah bulan. Maka dengan kekuasaan Allah SWT beliau telah membelah bulan menjadi dua belahan dengan tunjukan jari beliau. Peristiwa hebat ini telah disaksikan oleh kaum musyrikin Makkah bahwa bulan benar-benar terbelah dua, satu belahan berada di atas Jabal Qubais, dan belahan kedua bergerak kearah Jabal Qaiu’an atau Qu’aiqu’an yang terletak berhadapan dengan bukit Marwa

Menjadi salah satu dari dua gunung yang pada saat awal-awal dakwah pernah ditawarkan kepada Rasulullah SAW untuk ditimpakan kepada kaum Musyrikin Makkah.

Gunung yang pertama diciptakan Allah SWT di muka bumi ini, dalam sabdanya: Sesungguhnya gunung pertama yang diciptakan Allah SWT adalah gunung Abi Qubais. (HR Baihaqi). Namun hadits ini mendapat kritikan Dha’if oleh Syekh Albani dalam Shahi wa dha’if al Jami nomor 4941).

Gunung Abu Qubais dahulunya adalah gunung tandus berbatu. Bebatuannya telah menyimpan kenangan-kenangan dan kejadian-kejadian yang dicatat sejarah. Selain dari pada itu, diriwayatkan juga bahwa batu-batu yang digunakan untuk membangun Baitullah oleh nabi Ibrahim AS diambil dari Jabal Abi Qubais dan Jabal al-Ka’bah.

Referensi

  • Hadis Rasulullah :«أول بقعة وضعت من الأرض موضع البيت ثم مدت منه الأرض وإن أول جبل وضعه الله على وجه الأرض أبو قبيس ثم مدت منه الجبال»
  • The Encyclopædia of Islam: A Dictionary of the Geography, Ethnography and Biography of the Muhammadan Peoples. Holland: EJ Brill. 1913. hlm. 97.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s