Apakah Jumhur Ulama Itu ?

Jumhur ulama artinya pendapat mayoritas ulama yang terdiri dari para pakar hukum islam yang bisa di pertanggung jawabkan ke mujtahidannya dan merupakan ulama yang jujur dan tidak pernah berdusta. dan menguasai bidang hukum masing2, seperti ilmu fikih. ilmu tauhid dan bidang ilmu yang lainnya.

Madzhab Jumhur Ulama memang bukan ijma’, tapi satu tingkat di bawah ijma’ karena bukan kesepakatan bulat, tetapi pendapat mayoritas ulama. Madzhab Jumhur didefinisikan sebagai sebuah pendapat yang tetap, tsabit, dari mayoritas ulama setelah terjadinya khilaf. Jumhur memang tidak “berisi” sejumlah ulama’ tertentu yang selalu sama dalam setiap masalah. Jika, madzhab Sunni yang empat (Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali) dijadikan sebagai ukuran, sering ada anggapan bahwa jika dikatakan madzhab Jumhur, maka itu bermakna selain madzhab Hanafi. Anggapan ini muncul karena madzhab Hanafi memang dikenal dengan aliran pemikiran Ushul Fiqh Hanafiah (Ahlul Fiqh) dengan metode induktif, yang berbeda dengan aliran pemikiran Ushul Fiqh selain Hanafiah dengan metode deduktifnya, yang dikenal dengan aliran Mutakallimin atau Jumhur. Walaupun saat ini kedua metode tersebut sudah dipadukan oleh para ulama ushul fiqh, bahkan muncul akiran-aliran baru dalam pemikiran Ushul Fiqh, akan tetapi klasifikasi kedua aliran tadi ternyata masih tetap melekat.

Jumhur di sini adalah para imam madzhab yang empat selain Syafi’iyyah. Jika kami mengatakan “Hanafiyyah berpendapat…“, lalu setelah itu kami mengatakan “Jumhur berpendapat …“, maka yang dimaksud jumhur di sini adalah para imam madzhab yang empat selain Hanafiyyah.

Demikian juga jika dalam suatu masalah ada tiga pendapat. Misalnya saya berkata “pendapat Asy Syafi’i begini, pendapat Abu Hanifah begitu, dan pendapat dua imam yang lain adalah begini..“. Maka di sini ada pendapat Asy Syafi’i, Abu Hanifah dan pendapat jumhur, dua imam yang lain yaitu Ahmad dan Malik di sini menjadi jumhur terhadap masing-masing pendapat Asy Syafi’i dan Abu Hanifah. Demikian perkaranya jika kita menemukan istilah jumhur di kitab-kitab perbandingan madzhab yang bertujuan menjelaskan khilaf diantara madzhab yang empat.

Sedangkan pada kitab-kitab yang bertujuan menjelaskan fiqih salaf yaitu pendapat para sahabat Nabi dan juga tabi’in, maka ketika disebut ‘jumhur‘ artinya adalah ‘ulama selain dari yang sudah disebutkan‘. Misalnya dikatakan “pendapat jumhur salaf begini…” lalu setelah itu dikatakan “pendapat Asy Sya’bi, Qatadahk, dan Al Hasan adalah begitu…“, maka maksud ‘jumhur’ di sini adalah selain Asy Sya’bi, Qatadah, dan Al Hasan tidak diketahui adanya khilaf. Atau misalnya dikatakan “pendapat jumhur sahabat adalah begini…” lalu setelah itu dikatakan “pendapat Abu Bakar, Umar, dan Al Mughirah adalah begitu…“, maka maksud ‘jumhur’ di sini adalah selain Abu Bakar, Umar, dan Al Mughirah tidak diketahui adanya khilaf. Sehingga para sahabat selain Abu Bakar, Umar, dan Al Mughirah termasuk dalam jumhur. Demikian, wallahu’alam.

Ulama adalah pemuka agama atau pemimpin agama yang bertugas untuk mengayomi, membina dan membimbing umat Islam baik dalam masalah-masalah agama maupum masalah sehari hari yang diperlukan baik dari sisi keagamaan maupun sosial kemasyarakatan. Makna sebenarnya dalam bahasa Arab adalah ilmuwan atau peneliti, kemudian arti ulama tersebut berubah ketika diserap kedalam Bahasa Indonesia, yang maknanya adalah sebagai orang yang ahli dalam ilmu agama Islam.

Pengertian ulama secara harfiyah adalah “orang-orang yang memiliki ilmu”. Dari pengertian secara harfiyah dapat disimpulkan bahwa ulama adalah: Orang Muslim yang menguasai ilmu agama Islam. Muslim yang memahami syariat Islam secara menyeluruh (kaaffah) sebagaimana terangkum dalam Al-Quran dan ”as-Sunnah” Menjadi teladan umat Islam dalam memahami serta mengamalkannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s