Kisah Rasulullah: Yahudi Masuk Islam, Setelah Uji Kenabian Rasulullah

Kisah Rasulullah: Yahudi Masuk Islam, Setelah Uji Kenabian Rasulullah

Suatu hari, seorang pendeta Yahudi yang bernama Zaid bin Sa’nah memperhatikan Rasulullah dan berkata, “Tak ada satu pun dan tanda-tanda kenabian yang tidak dapat saya lihat di raut wajah Muhammad ketika saya pandangi wajah beliau, kecuali dua perkara yang belum saya ketahui. Dua perkara itu adalah sifat bijaksana Muhammad melebihi ketidaktahuannya dan ketidaktahuannya tidak menambah kecuali sifat bijaksana.

    Saya pernah berpura-pura bersikap baik terhadap Muhammad agar saya dapat bergaul dengan beliau. Tujuannya agar saya dapat mengetahui sifat bijaksana Muhammad dan sifat Ialainya beliau. Maka, saya membeli kurma dan beliau dengan tempo tertentu dan saya Iangsung memberikan beliau pembayaran kurma tersebut. (Di dalam riwayat Abu Nu’aim disebutkan bahwa sebelum masuk Islam, Zaid pernah memberi Rasulullah 80 gram emas untuk membeli jenis kurma yang telah disepakati, dalam tempo waktu yang telah disepakati juga).

    Dua atau tiga han sebelum jatuh tempo yang telah kami berdua sepakati, saya mendatangi Muhammad . Lalu saya menarik kerah baju dan surban beliau yang kala itu melilit di leher. Ketika itu, saya memandangi Muhammad dengan muka marah. Kemudian saya berkata kepada beliau, “Hai Muhammad, apakah kamu belum bisa memberikan hak saya? Demi Tuhan, wahai bani Abdul Muththalib, sesungguhnya kalian adalah orang yang suka mengulur-ulur pembayaran utang.”

    Umar bin Khaththab berkata, “Wahai musuh Allah, kamukah orang yang berani mengatakan kepada Rasulullah seperti yang barusan saya dengar? Demi Allah, kalau tidak karena rasa hormatku kepada Rasulullah yang berada di si, niscaya saya akan penggal lehermu dengan pedang saya ini.”

    Zaid berkata: Rasulullah kala itu memandang ke arah Umar dengan pandangan yang penuh ketenangan, rasa sayang, dan senyum simpul.

    Kemudian Rasulullah bersabda, yang artinya, “Kami berdua Iebih membutuhkan kamu untuk melakukan sesuatu selain ini, yaitu supaya kamu perintahkan saya untuk membayar utang dengan baik dan memerintahkan Zaid untuk mena gih utang secara baik pula.”

Lalu Nabi bersabda, “Wahai Umar, lekas berikan Zaid haknya dan hadiahkan bonus kepadanya 20 sha’ sebagal imbalan untuk ketakutannya (karena ancamanmu).”

    Kemudian Umar melaksanakan apa yang diperintahkannya.

    Lalu Zaid mengatakan, “Wahai Umar, tanda-tanda kenabian telah saya ketahui dan raut wajah Rasulullah ketika saya memandang wajah beliau, kecuali dua perkara yang belum sempat saya ketahui. Keduanya adalah kebijaksanaan beliau melebihi ketidaktahuan beliau dan ketidaktahuan beliau akan semakin menambah kebijaksanaan beliau. Saya telah menguji Muhammad dengan dua perkara ini. Saksikanlah, wahai Umar, bahwa saya telah rela Allah sebagai Rabbku, Islam sebagai agamaku, dan Muhammad sebagai nabiku.”

    Di samping itu dalam riwayat yang lainnya Zaid telah mengatakan, “Yang mendorong saya untuk melakukan apa yang kamu saksikan tadi adalah saya telah menyaksikan sifat-sifat Nabi yang tertulis dalam kitab Taurat, kecuali sifat bijaksana. Maka, pada kesempatan ini, saya ingin menguji sifat itu. Ternyata, saya mendapatinya sesuai dengan apa yang digambarkan oleh kitab Taurat. Akhirnya, saya menjadikan kamu sebagai saksi bahwa kurma dan setengah harta saya akan saya hibahkan kepada para fakir miskin kaum Muslimin.”

    Lalu Zaid beserta seluruh anggota keluarganya masuk Islam kecuali seorang kakek tua yang sudah terlanjur kafir.

    “Wahai Umar, lekas berikan Zaid haknya dan hodiahkan bonus kepadanya 20 sha’ sebagai imbalan untuk ketakutannya (karena ancamanmu).”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s