Inilah Kisah Kehebatan Doa Sapu Jagad

Doa Sapu Jagad

  • Rabbana atinafiddun-ya hasanah, wafil akhirati hasanah, wa qina ‘adzaban-nar. 
  • “Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.” (Al-Baqarah: 201).

  • Al-Qur’an mengisahkan, bahwa doa di atas dibaca oleh orang-orang mukmin yang tulus setelah selesai pelaksanakan ibadah haji. Mereka memohon kepada Allah kebaikan di dunia dan akhirat, hingga kemudian Allah memuji mereka dengan mengadakan: “Bagi mereka adalah bagian (balasan) dari apa yang mereka kerjakan.”
  • Imam Ibnu Katsir menegaskan, bahwa doa di atas mengandung keseluruhan kebaikan dunia serta menghindarkan diri dari segala bentuk kejelekan. Kebaikan di dunia mencakup seluruh ke­butuhan duniawi, baik kesehatan, kelayakan hidup, istri shalihah, rizki lapang, ilmu manfaat, amal saleh, kendaraan layak, ke dudukan terhormat maupun jabatan tinggi. Menurut para ahli tafsir, hal-hal tersebut merupakan sarana prasarana kehidupan yang baik di dunia. Sedang kebaikan di akhirat adalah mendapatkan nikmat kubur, selamat dari goncangan kiamat, dimudahkan dalam menghadapi hisab, selamat dari ne­raka, puncaknya adalah dimasukkan ke dalam sorga yang paling tinggi derajatnya.
  • Mengingat pentingnya doa di atas, maka ke­pada setiap muslim dianjurkan untuk membaca­nya pada setiap kesempatan, agar dapat meraih kesuksesan hidup di dunia dan akhirat. Dalam hal ini sahabat Anas bin Malik telah menegaskan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam senantiasa membiasakan diri membaca doa: “Ya Allah ya Tuhan kami. berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.” (HR. Bukhari dari Anas bin Malik).
  •  Ibnu Abi Hatim mengetengahkan sebuah ri­wayat bersumber dari Abdus-Salam bin Syadad, dia berkata: Suatu ketika aku berada di rumah Anas bin Malik, lalu Tsabit berkata: “Ya Anas, teman-temanmu sangat mengharapkan doamu. Maka doakanlah mereka.” Anas kemudian ber­doa dengan membaca: “Ya Allah ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.” Lalu mereka berbincang-bincang sejenak. Dan ketika mereka hendak meninggalkan tempat duduk, Tsabit kembali memohon kepada Anas agar berkenan sekali lagi mendoakan mereka. Ia berkata: “Ya Aba Hamzah, teman- temanmu akan meninggalkan ruangan ini, maka doakanlah me­reka.” Jawab Anas: “Saudara, adakah kalian akan memperberat permasalahan! Apabila Allah memberimu kebaikan dunia dan kebaikan akhirat, serta menyelamatkan dirimu dari siksa neraka, maka berarti Allah telah memberikan se­luruh kebaikan kepadamu.” Memang sudah men­jadi kebiasaan Anas bin Malik, apabila dimintai doa oleh seseorang, dia selalu mendoakannya dengan membaca doa sapu jagad. Jarang sekali dia berdoa dengan doa yang lain.
  • Anas bin Malik menerangkan, bahwa pada suatu waktu Rasulullah menjenguk seorang lelaki yang sedang sakit. Dia sangat lemah, tidak ber­daya. Lalu Rasulullah bertanya: “Saudara, ada­kah engkau telah memanjatkan suatu doa kepada Allah?” Jawabnya: “Ya Sudah. Aku berdoa: “Ya Allah, bila Engkau menghendaki untuk menyik­saku di akhirat, maka segerakanlah siksaan itu di dunia saja.” Rasulullah kemudian bersabda: “Subhanallah. Kamu tidak akan kuasa meneri­ma siksa Allah. Sebaiknya bacalah doa: “Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan ke­baikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.” Anas menerangkan, bahwa lelaki itu kemudian membaca doa yang dianjurkan Rasulullah, lalu dia pun sembuh dari sakitnya. (Tafsir Ibnu Katsir Juz: 1, halaman: 244).

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s