Tatacara Shalat Menurut Rasulullah dan Keutamaannya

Tatacara Shalat Menurut Rasulullah dan Keutamaannya

Shalat jumat yaitu Shalat yang berjumlah dua rakaat yang dilaksanakan pada hari jumat pada saat masuk waktu dzuhur yang diwajibkan khusus kepada laki-laki muslim yang sudah baligh/berakal dan tidak sakit (sakit keras). Sedangkan bagi kaum perempuan tidak diwajibkan, mereka tetap sholat dzuhur empat rakaat seperti biasa.

Hukum Sholat Jum’at

  • Sholat jum’at hukumnya fardu ‘ain bagi setiap muslim laki-laki yang sudah balig/berakal dan sehat (tidak sedang sakit berat). Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-qur’an Surah Al-jumuah ayat 9 :

  • Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Jumuah: 9).

Syarat Wajib Shalat Jumat

  1. Islam
  2. Balligh
  3. Berakal
  4. Laki-laki
  5. Merdeka (bukan budak)
  6. Sehat (orang yang sakit tidak diwajibkan)
  7. Menetap (bermukim), musafir tidak diwajibkan

Syarat Sah Sholat Jum’at

  1. Dilakukan disatu desa atau kota tertentu
  2. Masjid harus ditentukan kira-kira yang cukup untuk menampung banyak jamaah 
  3. Jumlah jamaah yang hadir dalam sholat jum’at sekurang-kurangnya 40 orang laki-laki yang telah memenuhi syarat wajib shalat jumat seperti yang telah disebutkan diatas. 
  4. Dilakukan pada saat masuk waktu shalat dzuhur  
  5. Didahului dengan khutbah dan membaca rukun dua khutbah
  6.  Sholat jum’at dilakukan setelah khatib membaca rukun dua khutbah.

Rukun-Rukun Shalat Jum’at

  • Rukun-rukun dalam sholat jum’at sama dengan rukun-rukun dalam sholat lain, seperti niat, berdiri, takbiratul ihram,  membaca fatihah, ruku’, i’tidal, sujud, duduk antara dua sujud, duduk tasyahud akhir, membaca tasyahud akhir, sholawat, salam dan yang terakhir tertib.

Rukun shalat Jum’at ada 2 yaitu:

  1. Khutbah dua kali dan duduk diantara keduanya
  2. Sholat jum’at dilakukan dengan dua raka’at
  3. Sholat jum’at dilakukan secara berjama’ah

Tata Cara Mengerjakan Sholat Jum’at 

  1. Azan pertama 
  2. Azan kedua
  3.  Khatib berdiri melakukan khutbah sambil membaca rukun dua khutbah
  4. Iqamah 
  5. Melaksanakan Sholat jum’at berjumlah 2 rakaat

Rakaat pertama

  • Takbiratul ihram sambil berniat melakukan sholat jum’at. Ini niatnya:

  • Artinya: “Aku niat sholat jumat dua rakaat fardhu karena Allah Ta’ala”
  • Membaca surat Al-fatihah kemudian membaca surat Al-qur’an (ayat-ayat pendek)
  • Kemudian Ruku’, I’tidal, sujud, duduk antara dua sujud, sujud kedua kemudian bangun untuk rakaat kedua.

Rakaat kedua

  • Membaca Al-fatihah, lalu membaca surat al-Qur’an
  • Kemudian Ruku’, I’tidal, sujud, duduk antara dua sujud, lalu sujud kedua, kemudian duduk tasyahud akhir
  • Dan yang terakhir member salam.

Keutamaan Sholat Jumat

Rasulullah SAW bersabda: Pada Hari Jumat di setiap masjid ada beberapa malaikat yang mencatat satu persatu orang yang hadir Sholat Jumat sesuai dengan kualitas kedudukannya. Apabila imam datang atau telah naik mimbar, maka para malaikat itu menutup lembaran catatan tersebut lalu mereka bersiap-siap mendengarkan Khutbah Sholat Jumat. Orang yang lebih awal diumpamakan seperti orang yang berqurban seekor unta gemuk, orang yang datang berikutnya seperti berqurban seekor sapi dan yang datang selanjutnya seperti berqurban seekor kambing. Yang datang selanjutnya seperti orang yang bersedakah seekor ayam dan berikutnya yang terakhir seperti orang yang bersedekah dengan sebutir telur.” (HR. Bukhari)

Shalat Jumat Dalam Quran

  • يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (٩) فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (١٠) وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ (١١
  • “Wahai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengeetahui.
  • Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.
  • Dan apabila mereka melihat perdagangan atau permainan, mereka segera menuju kepadanya dan mereka tinggalkan engkau (Muhammad) sedang berdiri (berkhutbah). Katakanlah, “Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perdagangan, dan Allah pemberi rezeki yang baik (Al-Jum’ah: 9-11)

Sholat Jumat di Dalam Hadits

Dari Abi Al-Ja’d Adh-dhamiri ra berkata bahwa Rosulullah Saw bersabda; مَنْ تَرَكَ َثلاَثَ جُمَعٍ تَهَاوُنًا طبَعَ الله عَلىَ قَلْبِهِ “Orang yang meninggalkan 3 kali Shalat Jumat karena lalai, Allah akan menutup hatinya” (HR. Abu Dawud).

Dari Thariq bin Syihab radhiyallahu ‘anhu bahwa Rosulullah Saw bersabda; “Shalat Jumat itu adalah kewajiban bagi setiap muslim dengan berjamaah, kecuali atas 4 orang, (yaitu) budak, wanita, anak kecil dan orang sakit” (HR Abu Dawud).

Ibnu Umar dan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa mereka mendengar Rosulullah Saw bersabda di atas mimbar; لَيَنتَهِيَنَّ أَقْوَامٌ عَنْ وَدْعِهِمُ الجُمُعَةَ أَوْ لَيَخْتَمَنَّ الله عَلَى قُلُوْبِهِمْ ثُمَّ لَيَكُوْنَنَّ مِنَ الغَافِلِيْنَ “Hendaklah orang-orang berhenti dari meninggalkan shalat Jumat atau Allah akan menutup hati mereka dari hidayah sehingga mereka menjadi orang-orang yang lalai” (HR. Muslim).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s