Doa Tuntunan Rasulullah: Bertahmid dan Bertasbih

Doa Tuntunan Rasulullah: Bertahmid dan Bertasbih

Doa Bertahmid Kepada Allah

  • Ya rabbi lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhika wa ‘azhimi sulthanika.
  • “Ya Tuhanku, bagi-Mu segala puji sebagaimana layaknya sifat kemuliaan Dzat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.”

 Dalam hadis riwayat Imam Ahmad dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar diterangkan, bahwa Rasulullah pernah bercerita kepada para sahabat: Ada seorang hamba Allah membaca: “Ya rabbi lakal hamdu kama yambaghi lijalali wajhika wa ‘azhimi sulthanika. Ternyata bacaan itu membuat repot malaikat pencatat amal. Lalu malaikat pen­catat amal menghadap Allah, seraya melapor: “Ya Allah, ada salah seorang hamba-Mu yang mem­baca sebuah bacaan yang aku tidak dapat rnenuliskan seberapa besar kebajikan yang telah dilakukannya.” Kata Allah:” Apakah yang ia ucapkan itu?” Jawab malaikat: “Dia membaca: Ya rabbi lakal hamdu kama yambaghi lijalali wajhika wa ‘azhimi sulthanika.” Lalu Allah berfirman: “Tulislah sebagaimana yang diucapkan hamba-Ku itu. Dan kelak Aku sendiri yang akan memberikan pahala kepadanya.”

    Jadi, barangsiapa membiasakan diri mem­baca doa di atas, dia akan mendapatkan pahala kebajikan yang luar biasa dari Allah subhanahu wata’ala. Untuk itu, sudah selayaknya bila setiap muslim membiasakan diri dan memperbanyak bacaan doa di atas.

Doa Bertasbih Kepada Allah

  • Subhanallahi wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.
  • “Maha Suci Allah, dan segala puji bagi-Nya sebanyak bilangan makhluk ciptaan-Nya, sebanyak bilangan keridhaan Dzat-Nya, sebanyak bilangan hiasan Arsy-Nya, serta sebanyak bilangan kalimat-kalimat-Ny a.”

Dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Umil-Mukminin Juwairiyah diterangkan, bahwa suatu pagi Rasulullah keluar dari rumah Juwairiyah untuk melaksanakan shalat Shubuh, se­dangkan ketika itu Juwairiyah sudah berada di tempat sujud. Ketika Rasulullah kembali ke rumah, yang saat itu matahari sudah terbit, beliau mendapatkan Juwairiyah masih duduk bersimpuh di tempat sujudnya semula. Lalu Rasulullah bertanya: “Ya Juwairiyah, adakah sejak tadi engkau duduk di tempat sujud tanpa bergerak?” Jawab Juwairiyah: “Ya, benar.” Rasulullah kemudian bersabda: “Aku katakan kepadamu, bahwa membaca empat kalimat tiga kali, pahalanya tidak kalah dengan bacaan yang engkau baca sejak tadi pagi hingga kini. Yakni bacaan: Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khdlqihi, (dan seterusnya).”

     Jadi, barangsiapa membaca doa di atas tiga kali setiap pagi, pahalanya tidak kalah dengan membaca wirid sejak menjelang Shubuh hingga matahari terbit. Untuk itu, sudah selayaknya bagi setiap muslim membiasakan diri membaca doa di atas setiap pagi. Akan lebih manfaat lagi kalau dibaca setiap saat dan dalam setiap kesempatan, sehingga akan memperoleh pahala dari sisi Allah yang lebih melimpah

Doa Bertasbih Diwaktu Pagi

  • Subhanallahi walhamdu lillahi wa la ilaha illallahu wallahu akbaru, wala haula wala’ quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim. 
  • “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar. Tiada daya upaya meninggalkan maksiat dan tiada kekuatan melaksanakan ibadah kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

    Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dan Nasai dari Amrin bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya dan dalam riwayat Imam Thabrani dariUmi Hani’ diterangkan, bahwa Rasulullah telah bersabda: “Ya Uma Hani’, apabila engkau berada di waktu pagi, maka bertasbihlah kepada Allah seratus kali, bertahlillah seratus kali, bertahmidlah seratus kali, dan bertakbirlah seratus kali. Sebab bertasbih seratus kali pahalanya sama dengan bersedekah seratus ekor unta. Sedang bertahlil seratus kali dapat melebur dosa yang terlanjur dilakukan dan yang akan dilakukan.” 

    Untuk itu, sudah selayaknya bagi setiap muslim membiasakan diri membaca doa di atas se­ratus kali setiap pagi, agar bisa terlepas dari dosa serta digolongkan dalam kelompok orang-orang yang suka bersedekah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s