​Dr Zakir Naik diberikan status kewarganegaraan Arab Saudi.

Dr Zakir Naik diberikan status kewarganegaraan Arab Saudi.

Cendekiawan Muslim dunia asal India yang merupakan ahli perbandingan agama, Dr Zakir Naik, telah diberikan status kewarganegaraan oleh Arab Saudi. Middle East Monitor, melaporkan bahwa Raja Salman melakukan intervensi dengan memberikan status warga negara kepada Dr Zakir Naik. Hal tersebut dilakukan raja Salman untuk melindunginya dari penangkapan oleh Interpol—Organisasi Polisi Internasional. Beberapa sebelumnya, pengadilan India mengeluarkan surat perintah penangkapan kedua untuk Dr Zakir Naik sehubungan dengan kasus dugaan teror dan tuduhan pencucian uang.

Dr Zakir Naik yang ketika itu sedang melakukan tur, memutuskan untuk tidak kembali ke India dan tinggal di Malaysia, dimana status tinggal permanen telah diberikan oleh pemerintah Malaysia kepadanya pada lima tahun yang lalu.

Pers India melaporkan bahwa petugas aparat negara itu berusaha mencabut paspor Dr Zakir Naik, selain itu meminta Interpol mengeluarkan surat perintah penahanan untuknya. Sumber-sumber mengatakan bahwa Dr Zakir Naik yang saat itu telah pindah ke Arab Saudi, akan dipaksa untuk kembali ke India jika paspornya dicabut. Sementara itu Kantor Imigrasi Mumbai sendiri, tampaknya tidak mengharapkan Arab Saudi memberikan status kewarganegaraan kepada Dr Zakir Naik. 

Zakir merupakan individu yang paling dicari di India karena dituduh mendanai kegiatan teror dan terlibat dalam pencucian uang. Penceramah berusia 51 tahun itu kemudian meninggalkan India tahun lalu untuk menghindari ditahan. Pemerintah India sedang berusaha untuk membatalkan paspor Zakir dan meminta Interpol mengeluarkan pemberitahuan merah terhadapnya. Dengan dibatalkannya paspor Naik, dengan sendirinya akan memaksanya untuk kembali ke India. Namun, India tidak mengantisipasi Arab Saudi akan memberinya kewarganegaraan.

Middle East Monitor melaporkan Zakir yang berada di Arab Saudi akan dipaksa kembali ke India jika paspornya dibatalkan. Pada November tahun lalu, Hindustan Times India melaporkan bahwa Zakir telah diberi kewarganegaraan Malaysia namun hal itu dibantah Wakil Menteri Dalam Negeri Datuk Nur Jazlan Mohamed. Namun Malaysia mengakui telah memberikan status penduduk tetap atau permanent resident kepada Naik lima tahun lalu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s