Syarat Lengkap Pendaftaran dan Penerimaan Santri Pondok Modern Gontor, Pesantren Terhebat Di Indonesia

Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo (PMDG) atau lebih dikenal dengan Pondok Modern Gontor adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Pesantren ini terkenal dengan penerapan disiplin, penguasaan bahasa asing (Arab dan Inggris), kaderisasi dan jaringan alumni yang sangat kuat. Sejak didirikan pada 1926, Gontor merupakan lembaga pendidikan yang tidak terikat dengan organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan mana pun. Kebesaran Pondok Modern Gontor Darussalam yang sudah mendunia. Hal itu terbukti dari santri Pondok Gontor yang berasal dari berbagai negara di dunia. Santrinya ternyata ada semua dari Sabang dan Merauke. Bahkan dari luar negeri ada santri yang berasal dari Malaysia, Thailand hingga Amerika Serikat. Kondisi ini menunjukkan Pondok Gontor bukan bertaraf nasional saja tetapi sudah mendunia



Persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon pelajar Pondok Gontor. Yaitu mulai persayaratan administrasi hingga persyaratan kemampuan keagamaan. Persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon pelajar Pondok Gontor. Yaitu mulai persayaratan administrasi hingga persyaratan kemampuan keagamaan.

<sejumlah persyaratan=”” yang=”” harus=”” dipenuhi=”” bagi=”” calon=”” pelajar=”” pondok=”” gontor.=”” yaitu=”” mulai=”” persayaratan=”” administrasi=”” hingga=”” kemampuan=”” keagamaan.Untuk pendaftaran calon pelajar biasanya dibedakan antara calon pelajar putra dan calon pelajar putri. Selain itu, calon pelajar juga harus mengikuti berbagai seleksi seperti tes tertulis dan tes lisan serta tes kemampuan agama.
<sejumlah persyaratan=”” yang=”” harus=”” dipenuhi=”” bagi=”” calon=”” pelajar=”” pondok=”” gontor.=”” yaitu=”” mulai=”” persayaratan=”” administrasi=”” hingga=”” kemampuan=”” keagamaan.Syarat pendaftaran Kulliyatu-l-Mu’allimin/Mu’allimat Al-/islamiyah (KMI), yaitu :

  1. Menyerahkan dua lembar fotokopi STTB terakhir atau surat keterangan lulus yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang
  2. Berbadan sehat dengan surat keterangan dokter dari Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat (BKSM) Pondok Modern Darussalam Gontor
  3. Menyerahkan pasfoto berwarna dengan ukuran 4X6 sebanyak empat lembar dan 3X4 sebanyak dua lembar (putra) dan pasfoto berjilbab putih berlatar belakang biru berukuran 4X6 sebanyak dua lembar dan 3X4 sebanyak delapan lembar (putri)
  4. Memenuhi ketentuan-ketentuan atau iuran-iuran yang telah ditetapkan pada waktu pendaftaran
  5. Menyerahkan satu lembar fotokopi akta kelahiran (putra) dan tiga lembar fotokopi akta kelahiran (putri)
  6. Menyerahkan satu lembar fotokopi KTP wali santri/yang mewakilinya (khusus putra )
  7. Menyerahkan satu lembar fotokopi kartu keluarga (khusus putri)
  8. Mendaftarkan diri sesuai dengan cara dan waktu yang telah ditentukan

Syarat-syarat penerimaan :

  • Berijazah Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtida’iyah (MI) atau yang sederajat untuk masuk kelas biasa dengan masa belajar enam tahun dan berijazah Sekolah Lanjut Tingkat Pertama (SLTP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau sederajat untuk masuk kelas intensif dengan masa belajar empat tahun
  • Mempunyai dasar agama seperti : Dapat membaca Alquran dengan baik 
  • Dapat mengerjakan ibadah sehari-hari dengan baik. Dapat membaca dan menulis Arab dengan lancar
  • Lulus dalam ujian masuk dan psikotes
  • Sanggup bertempat tinggal di asrama yang telah disediakan

Waktu dan Cara Pendaftaran :

Pendaftaran calon pelajar Pondok Modern Darussalan Gontor dilaksanakan pada :

  • Putra : tahap pertama mulai tanggal 28 Juni-3 Juli, dan tahap kedua pada 9-15 Juli, bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur.
  • Putri : tanggal 10-19 Juli bertempat di Pondok Modern Gontor Putri Kampus 1 Sambirejo, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur.

Pelaksanaan ujian masuk KMI :

  • Putra, ujian lisan: tahap pertama mulai tanggal 29 Juni-3 Juli, tahap kedua mulai tanggal 10-15 Juli . Untuk ujian tulis (serentak) yaitu pada tanggal 16 Juli  bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat Mlarak, Ponorogo.
  • Putri,ujian lisan : tanggal 10-19 Juli  dan ujian tulis (serentak) pada tanggal 20 Juli  bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Sambirejo, Mantingan, Ngawi.

Pelaksanaan Ujian Masuk KMI dan Materi Ujian :

  • Ujian masuk KMI meliputi syafahi (ujian lisan) dan ujian tahriri (ujian tulis)
  • Materi ujian syafahi meliputi psyco-test, membaca Alquran, tajwid, dan praktik ibadah (ibadah qauliyah dan ibadah ‘amaliyah)
  • Materi ujian tahriri mencakup Imla’ (dikte tulisan Arab), Bahasa Indonesia, berhitung soal dan angkat (matematika dasar setara kelas VI SD)
  • Tidak ada perbedaan antara materi ujian yang diujikan kepada calon pelajar lulusan SD/sederajat dengan calon pelajar yang berasal dari lulusan SLTP/sederajat
  • “Dalam pelaksanaan ujian masuk KMI tidak diadakan ujian ulangan/susulan. Selain itu, waktu pelaksanaan ujian bisa berubah sewaktu-waktu

Program Ujian Lanjutan dan Ujian Penempatan Kelas :

  • Bagi calon pelajar yang telah lulus ujian masuk KMI diberi kesempatan untuk mengikuti program ujian lanjutan yaitu ujian akselerasi ke kelas yang lebih tinggi jika memenuhi syarat-syarat tertentu, di antaranya memiliki kemampuan dengan bekal keilmuan yang cukup untuk duduk di kelas yang lebih tinggi dari kelas 1 KMI
  • Secara khusus, bagi calon pelajar putra dari kelas Intensif yang telah lulus ujian masuk KMI akan mengikuti ujian penempatan kelas setelah terdaftar sebagai siswa KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Adapun materi yang akan diujikan pada ujian ini meliputi Matematika, Fisika, dan bahasa Inggris.
  • Pendaftaran calon pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor diadakan secara langsung di kampus dan tidak bisa dilaksanakan melalui korespondensi, telepon, atau Internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.