Foto dan Peristiwa Rohingya Muslim Minoritas Yang Teraniaya Di Myanmar

Rohingya, etnis muslim minoritas di Myanmar kini kondisinya tengah terjepit. Warga di kawasan Rakhine dekat perbatasan Bangladesh ini seperti berada dalam penjara. Ancaman kelaparan parah dan kematian di Rakhine ini kian nyata mendekat. Eskalasi konflik berdarah sebulan terakhir, membuat ratusan muslim Rohingya mencoba melarikan diri ke Bangladesh untuk menghindari tindak kekerasan yang dilakukan militer Myanmar. Kekerasan terus meningkat di Provinsi Rakhine dan telah menewaskan lebih dari 130 orang warga sipil.

Upaya mencari suaka tidak berjalan sempurna, sebagian muslim Rohingya ditembak mati saat mencoba menyeberangi Sungai Naaf yang memisahkan Myanmar dan Bangladesh. Sementara Muslim Rohingya lainnya yang tiba di Bangladesh dengan perahu, tidak diterima dan didorong menjauh oleh penjaga perbatasan Bangladesh.

Inilah sebagian derita Rohingya. Di satu sisi, mereka ingin tetap hidup di tanah airnya, mempertahankan warisan nenek moyangnya. Namun kampung mereka dibakar, tanah mereka dirampas, dan hidup dalam intimidasi milisi bersenjata. Di sisi lain, tak sedikit yang berupaya keluar dari negerinya untuk bertahan hidup, namun apa daya pintu perbatasan tak pernah terbuka lebar bagi mereka.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s